Tidak punya banyak waktu dan uang biasanya menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Bahkan ada sebagian yang berpikir, untuk datang ke tempat gym untuk memanfaatkan alat bantu olahraga. Padahal olahraga di rumah juga bisa kok. Tak perlu keluar jadi hemat waktu dan uang tentunya. Cukup pakai peralatan rumah tangga. Kok bisa?

Banyak banget yang bisa kita gunakan, terutama olahraga mengecilkan perut buncit, nih. Apa saja ya yang bisa dimanfaatkan?

 1. Kursi  

Ada beberapa gerakan olahraga yang bisa dilakukan dengan kursi. Pertama, duduk di kursi dengan tangan di samping pinggul. Angkat badan dan pinggul ke depan, tepat di depan kursi. Tekuk siku dan turunkan sampai 90 derajat. Push untuk mendorong ke atas dan ulangi selama 16 repetisi. Cara ini namanya Triceps Dips.

Gak Perlu Repot, Olahraga Pakai Perabotan di Rumah Juga Bisa Kok Ladies!

Selanjutnya, kita juga bisa jadikan kursi sebagai pijakan untuk naik turun. Cara ini melatih otot perut, betis, dan paha. Jadi sekalian, nih, olahraga mengecilkan perut buncit dan mengencangkan paha sukses dalam sekali gerakan.

 2. Botol Air 

Enggak punya dumbell? Tak perlu khawatir, cukup gunakan botol air yang diisi air, kerikil atau pasir untuk alternatif. Mudah kan? Latihan otot lengan pun bisa kamu kerjakan di rumah cuma dengan menggunakan botol air.

youtube:-BVrN9-uwf4
source: https://www.youtube.com/watch?v=-BVrN9-uwf4
Water Bottle Workout - Effective Arm Toning Exercises

Beberapa gerakan yang bisa digunakan ada di video di atas. Tak cuma tangan, tapi juga bisa dijadikan gerakan untuk olahraga mengecilkan perut buncit, loh.
baca juga

 3. Sapu 

Olahraga mengecilkan perut buncit bisa dilakukan dengan memakai sapu sebagai alat bantunya. Caranya gampang banget, salah satunya sit up. Bisa gunakan gagang sapu sebagai alat tambahan untuk menambah tingkat kesulitannya. Dari video ini, kita bisa dapatkan abs yang nantinya jadi penghias perut kita, Ladies.

youtube:uS7k14TIAmE
source: https://www.youtube.com/watch?v=uS7k14TIAmE
Broomstick 10 Min Abs Routine/ Ejercicios abdominales en casa/ cรณmo reducir abdominales en casa

 

 4. Handuk 

Wah, enggak cuma buat lap-lap keringat doang, nih. Manfaatkan handuk yang kamu punya buat olahraga juga. Pakai handuk ukuran kecil juga sudah cukup, kok. Bisa dijadikan alas biar beberapa gerakan olahraga lebih lancar.

Gak Perlu Repot, Olahraga Pakai Perabotan di Rumah Juga Bisa Kok Ladies!

Dua handuk kecil bisa dipakai sebagai alat bantu dari salah satu gerakan olahraga mengecilkan perut buncit seperti gerakan kombinasi push up - plank - mount climbing, lho. Contohnya seperti di gambar. Dan kalau enggak punya yoga mat, bisa pakai handuk yang tebal atau beberapa lembar handuk.
baca juga

 5. Tangga 

Banyak banget yang bisa dilakuin dengan tangga saat olahraga. Seperti push up, triceps dips, naik-turun tangga, plank walk, dan masih banyak lagi. Psst, kalori yang terbakar juga lebih banyak karena adanya tingkat kesulitan yang lebih tinggi di sini.

Gak Perlu Repot, Olahraga Pakai Perabotan di Rumah Juga Bisa Kok Ladies!
source: https://physicalkitchness.com/

Nah, gimana? Masih mau banyak alasan buat enggak olahraga? Buang jauh-jauh, deh. Hidup sehat mulai dari sekarang biar badan tetap fit! Selamat olahraga!