Hindari Memakai Kontak Lensa Terlalu Lama

Kontak lensa memang memiliki manfaat bagi mata. Orang yang kemampuan penglihatannya mulai berkurang bisa menggunakan kontak lensa sebagai pengganti kacamata. Selain itu kontak lensa juga sering digunakan agar tampilan mata semakin hidup dengan warna-warni yang beragam.
 

Hindari Memakai Kontak Lensa Terlalu Lama
source: https://www.pixabay.com

Di sini lain, menggunakan kontak lensa terlalu lama dapat menyebabkan masalah kesehatan pada mata. Untuk itu hindari pemakaian kontak lensa terlalu lama. Gunakan kontak lensa jika hanya dibutuhkan. Segeralah juga melepas kontak lensa jika sudah enggak dibutuhkan lagi, terutama saat tidur.

Batasi Penggunaan Gadget

Semua tahu bahwa layar gadget dapat memberi pengaruh buruk bagi mata. Namun kenyataannya, saat ini kebanyakan orang enggak bisa lepas dari gadget. Ada yang menggunakannya untuk bekerja, ada yang menggunakannya untuk sekedar bermain. Itu semua dilakukan dalam waktu yang intens.
 

Batasi Penggunaan Gadget
source: https://www.pixabay.com

Menatap layar gadget terlalu lama dan sering akan mengakibatkan kesehatan mata terganggu. Radiasi dari layar gadget bisa memperburuk keadaan mata. Untuk mencegahnya, kamu bisa menggunakan layar pelindung pada gadget. Rilekskan juga mata beberapa waktu dari gadget agar mata kembali segar.
 

baca juga

Konsumsi Asupan yang Tepat

Untuk menjaga kesehatan mata, kamu juga bisa melakukannya dengan menjaga pola makan dan memperhatikan asupan nutrisi. Perbanyak makan makanan yang mengandung vitamin A. Selain itu perlu juga mengonsumsi makanan dengan kandungan senyawa betakatoren yang terbukti bagus untuk kesehatan mata. Salah satu contohnya adalah wortel. 

Konsumsi Asupan yang Tepat
source: https://www.pixabay.com

Selain itu, kamu juga bisa rutin mengonsumsi berbagai jenis sayuran hijau. Bayam, brokoli dan jenis sayuran hijau lainnya mengandung dua jenis karotenoid. Zat ini bisa mengurangi resiko berkembangnya katarak dan penurunan fungsi penglihatan akbiat gangguan di pusat retina. Mengonsumsi jenis sayur ini secara rutin akan mengembalikan kesehatan mata.
 

Bijaklah Menggunakan Tetes Mata

Tetes mata biasanya digunakan dengan tujuan untuk menyegarkan mata. Mata yang lelah karena terlalu lama bekerja di depan layar monitor, diharapkan agar kembali segar setelah ditetesi tete mata. Penggunaan tetes mata juga bisa mengurangi kemerahan pada mata. Nyatanya ada banyak efek samping dari penggunaan tetes mata. Maka jangan gunakan tetes mata terlalu sering dan pilih produk tetes mata yang aman.
 

Bijaklah Menggunakan Tetes Mata
source: https://www.pixabay.com