Di zaman modern, memiliki kartu kredit bukan lagi menjadi hal yang aneh. Bahkan sebagian berpikir kartu kredit mulai menjadi wajib untuk dimiliki, seperti kartu debit. Namun diakui, kartu kredit mempermudah kita dalam berbagai macam transaksi.

Pembayaran kartu kredit yang dicicil setiap bulannya, tentu memberikan kemudahan tersendiri bagi para penggunanya. Selain itu, banyak pula toko maupun merk yang menawarkan cicilan 0% menggunakan kartu kredit, sehingga semakin mempermudah kita sebagai konsumen jika memiliki kartu kredit.

Anti Boros, Jangan Gunakan Kartu Kreditmu untuk 5 Transaksi Ini Ladies!
source: http://www.lookingforcreditcardofferslo.com

Namun, jika kita tidak berhati-hati dalam menggunakan kartu kredit, justru kita akan terjerat dalam lilitan hutang kartu kredit. Apalagi jika kita terus-terusan menggunakan kartu kredit untuk segala macam transaksi. Transaksi apa saja sih yang lebih baik kita hindari agar tidak ketergantungan terhadap kartu kredit, yuk simak ulasannya berikut ini.

Jangan Gunakan Kartu Kredit untuk Kredit Jangka Panjang

Kartu kredit, lebih baik digunakan untuk melakukan pembayaran yang sifatnya berjangka waktu pendek. Misalnya membeli smartphone dengan jangka waktu beberapa bulan saja.  Sehingga pembayaran yang kita lakukan pun masih masuk akal. Jangan gunakan kartu kredit untuk melakukan transaksi kredit jangka panjang seperti KPR. Hal seperti inilah yang akan membuat kita terjerat gali lubang tutup lubang karena hutang yang besar.
 

Jangan Gunakan Kartu Kredit untuk Kredit Jangka Panjang
source: https://www.denverpost.com



 

baca juga

Jangan Gunakan Kartu Kredit untuk Pengeluaran Harian

Hindari menggunakan kartu kredit untuk pengeluaran sehari-hari seperti membayar di mini market, membayar ojek online atau pun membayar makan siang di mal. Hal ini disebabkan akan membuat kita tidak menyadari bahwa ternyata tagihan kita sudah menggunung. Gunakan kartu kredit hanya untuk transaksi tertentu yang menguntungkan saja.

Jangan Gunakan Kartu Kredit untuk Pengeluaran Harian
source: https://www.freepik.com

Membayar Biaya Pendidikan

Saat ini, memang sudah banyak sekolah yang menyediakan mesin EDC dengan tujuan mempermudah orang tua untuk membayarkan biaya pendidikan anaknya. Namun, bukan berarti bisa menggunakan kartu kredit untuk membayar biaya pendidikan ya. Jika tidak dibayar lunas ketika tagihan datang, akan menyebabkan hutang yang terus bertambah. Apalagi jika harus menghitung bunga yang dibayarkan.

Membayar Biaya Pendidikan
source: https://www.commbank.com.au
baca juga

Membayar Zakat, Infaq, Shodaqoh

Bagi umat Islam, membayar kewajiban seperti zakat maupun melakukan infaq dan shodaqoh, akan terasa kurang bijaksana ketika menggunakan kartu kredit. Ada baiknya, menyisihkan dari uang tabungan yang dimiliki jika tujuannya untuk membayarkan zakat, infaq dan shodaqoh.

Melakukan Belanja Bulanan

Membayar belanja bulanan menggunakan kartu kredit, akan membuat kita boros karena kurang terkontrol karena merasa bebas akan limit kartu kredit yang dimiliki. Efeknya, kita juga akan cenderung membeli barang-barang yang kurang dibutuhkan. Biasakan untuk membuat catatan-catatan penggunaan kartu kredit ya! Ingatlah bahwa kartu kredit adalah kartu hutang, bukan kartu dana cadangan.

Melakukan Belanja Bulanan
source: https://www.freepik.com