Padatnya aktifitas saat menstruasi kadang bikin lupa kalau sudah saatnya ganti pembalut. Wah, enggak boleh begitu Ladies! Lembabnya daerah vagina karena darah menstruasi dan selama pemakaian pembalut bisa jadi sarang kuman penyakit.

Terlalu lama memakai satu pembalut dalam satu hari bisa menimbulkan banyak penyakit, seperti infeksi jamur dan perubahan bakteri dari yang baik menjadi jahat lalu bisa naik ke area intim. Ditambah saat beraktivitas kamu kurang nyaman karena lembap.

Berapa Kali Ganti Pembalut Saat Menstruasi agar Vagina Tetap Bersih?
source: https://my.sofyclub.com/

Untuk menghindari timbulnya penyakit, pembalut harus diganti 3-5 kali dalam sehari. Apalagi kalau lagi banyak-banyaknya. Rentang waktunya kira-kira 3-4 jam sekali harus ganti. Jadi harus disempatkan, ya meski sibuk.

Berapa Kali Ganti Pembalut Saat Menstruasi agar Vagina Tetap Bersih?
source: https://www.menstrupedia.com
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Beauty | Health | Fashion (@beautynesia.id) on

baca juga

Selain itu area kewanitaan juga harus dibersihkan setiap mengganti pembalut supaya lebih higienis dan kuman tidak terlalu lama menempel. Jangan pakai sabun batangan ya. Pakai sabun khusus kewanitaan yang seimbang tingkat pH nya. Pilih juga sabun yang tidak mengandung pewangi dan antiseptik, karena kandungan tersebut bisa mempengharuhi keseimbangan bakteri dan tingkat pH vagina.

Seperti contoh di video ini nih..

youtube:Q1uecHTa8J4
source: https://www.youtube.com/watch?v=Q1uecHTa8J4
Menstrual Hygiene : Importance of hygiene during menstruation

Jangan lupa mandi yang bersih dan juga jangan lupa untuk mencuci tangan setiap habis membersihkan vagina dan mengganti pembalut ya! Keringkan juga area vagina pakai tisu jangan handuk biar bakteri tidak nempel balik lagi. Selama fase menstruasi kita memang harus betul-betul memperhatikan kebersihan tubuh terutama vagina. Tak hanya sering ganti pembalut saja, tapi juga ganti celana dalam, mencuci bersih celana dalam apalagi kalau sampai bocor, dan sebagainya.

Jika kita tidak memperhatikan kebersihan secara keseluruhan dikhawatirkan bisa menumpuk bakteri dan menimbulkan penyakit, seperti yang udah dijelaskan di atas.