1. Zat Kafein

Zat kafein biasanya terkandung dalam biji kopi, biji coklat, dan juga teh. Kandungan kafein dalam minuman tersebut memiliki dampak yang kurang baik bagi tubuh, antara lain menyebabkan jantung berdebar, insomnia, bahkan gangguan pencernaan. Untuk kamu yang sedang mengandung, disarankan untuk tidak mengkonsumsi kafein secara berlebihan.

Meski tidak ada larangan, namun sebaiknya mulai kurangi konsumsi kafein demi kesehatan diri sendiri dan juga calon bayi yang ada di dalam kandungan.

1. Zat Kafein
source: https://klikdokter.com/

2. Zat Pestisida

Zat pestisida biasanya digunakan oleh para petani untuk mengusir hama pada sayur maupun buah-buahan. Seperti kita ketahui zat kimia sangat berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi. Ditambaha paparan pestisida bisa menyebabkan timbulkan iritasi kulit, gangguan darah dan otak, liver, kerusakan ginjal, serta kanker.

Sayur dan buah-buahan yang dikonsumsi oleh ibu hamil nutrisinya akan diserap langsung oleh janin, sehingga apabila bahan makanan tersebut mengandung paparan pestisida maka akan membahayakan kesehatan calon bayi. Sebaiknya beralihlah pada makanan yang berasal dari bahan organik, ladies. 

2. Zat Pestisida
source: https://www.kajianpustaka.com/
baca juga

3. Zat Monosodium Glutamat (MSG)

MSG atau lebih dikenal bahan penyedap rasa biasa digunakan dalam masakan atau makanan dalam kemasan. Pengunaan MSG bertujuan untuk memberikan rasa lebih gurih pada makanan. Meski terasa enak dimakan, makanan mengandung MSG memiliki dampak yang berbahaya bagi tubuh.

Zat MSG dapat menimbulkan obesitas, penyakit jantung, bahkan meningkatkan risiko kanker. Untuk kamu yang mengandung, sebaiknya hindari penggunaan bahan MSG pada makanan yang dikonsumsi. Supaya lebih aman sebaiknya masak sendiri makanan yang akan kamu konsumsi ya, ladies.

3. Zat Monosodium Glutamat (MSG)
source: https://livewell.id/

4. Zat Pemanis Buatan

Selain MSG, zat yang sering dijumpai dalam makanan dan minuman adalah pemanis buatan. Pemanis buatan memiliki efek yang buruk bagi tubuh. Zat ini bisa menyebabkan obesitas, meningkatkan risiko diabetes, bahkan nantinya bisa mempengaruhi rasa ASI. Untuk mengantisipasi efek buruk tersebut, sebaiknya hindari makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan. Hal yang paling aman memanglah mengolah sendiri makanan dan minuman yang akan kita konsumsi. 

4. Zat Pemanis Buatan
source: https://dokterasuransi.com/
baca juga

5. Soda

Minuman bersoda cukup sering dikonsumsi oleh sebagian besar orang. Selain menyegarkan, terdapat sensasi tersendiri ketika meminumnya. Untuk kamu yang saat ini tengah mengandung, sebaiknya mulai mengurangi konsumsi minuman bersoda ini ya! Minuman bersoda mengandung kafein dan juga pemanis buatan yang sangat berbahaya bagi tubuh terutama kesehatan sang calon bayi. 

5. Soda
source: https://www.healthline.com/

Jadi sebaiknya kamu sebisa mungkin menjauhi semua makanan dan minuman yang mengandung zat-zat di atas selama masa kehamilan ya ladies. Semoga artikel ini bermanfaat.