Ciri-ciri

Jerawat yang muncul saat produk sedang bekerja atau purging maka akan tumbuh di area yang biasanya terdapat jerawat. Nah, kalau tiba-tiba muncul jerawat batu atau jerawat lainnya di area yang tidak biasa terdapat jerawat, bisa jadi itu tanda bahwa kamu tidak cocok menggunakan produk tersebut. 

Selain itu kamu perlu mengenal bentuk jerawat yang timbul. Apabila jerawat yang timbul tidak menyebabkan gatal, perih, atau sakit maka itu merupakan purging. Tetapi bila jerawat yang muncul menyebabkan sakit, perih, gatal, atau bahkan sampai bernanah maka itu merupakan ciri kamu tidak cocok menggunakan produk tersebut. 

Ciri-ciri
source: https://s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/soc-phoenix/wp-content/uploads/2016/12/20124648/jenis-jerawat1.jpg

Jerawat Pasir

Bagaimana kalau yang muncul jerawat pasir? Nah, kamu tidak perlu panik karena jerawat pasir merupakan jerawat yang timbul karena aktivitas hormonal. Jerawat pasir timbul karena produksi minyak yang berlebihan di wajah. Jadi, belum tentu kamu tidak cocok menggunakan suatu produk jikalau kamu mengalami jerawat pasir ini. Bisa jadi kamu perlu mengontrol pola hidup atau pola makanmu yang menyebabkan meningkatnya produksi minyak di wajah.

Jerawat Pasir
source: https://hellosehat.com/wp-content/uploads/2018/03/jerawat.jpg
baca juga

Jerawat Papula dan Pustula

Papula adalah benjolan kecil berwarna merah muda atau merah yang mudah dilihat pada kulit. Mereka memiliki batas yang jelas dan dapat muncul dalam berbagai bentuk, paling sering pada wajah. Kadang-kadang papula ini berkumpul bersama untuk membentuk apa yang tampak seperti ruam dan terasa kasar. Pustula seperti papula namun diisi dengan nanah cairan kekuningan yang membentuk pusat berwarna kuning atau putih. Pustula terdiri dari sel-sel darah putih mati yang dikirim oleh tubuh untuk melawan infeksi. 

Seperti kebanyakan bentuk jerawat, papula dan pustula adalah hasil dari peningkatan minyak dan bakteri yang terperangkap di dalam pori-pori oleh sel-sel kulit mati. Papula terjadi ketika penyumbatan menyebabkan folikel rambut menjadi meradang. Ketika ini terjadi, sistem kekebalan tubuh mengirimkan sel darah putih untuk melawan infeksi. Nanah berkembang ketika sel-sel darah putih mati dan berkumpul di dalam papula mengubahnya menjadi pustula.

Jerawat Papula dan Pustula
source: https://res.cloudinary.com/dk0z4ums3/image/upload/v1546424453/attached_image/jerawat-papula-ciri-ciri-dan-cara-mengatasinya-alodokter.jpg

Nah, jerawat papula dan pustula bisa dikarenakan infeksi atau iritasi. Ini bisa menjadi indikasi kalau kamu mengalami breakout atau tidak cocok terhadap suatu produk yang mengakibatkan kulitmu iritasi, infeksi, atau alergi. Bila ini terjadi lebih dari 2 minggu maka sebaiknya kamu harus segera menghentikan pemakaian produk baru yang sedang kamu coba.

Jerawat Nodul

Ketika pori-pori tersumbat, masalahnya bisa bertambah besar, salah satunya bisa tumbuh menjadi jerawat nodul. Jerawat ini memiliki ukuran yang lebih besar dari jerawat biasanya. Selain itu jerawat ini akan sakit atau nyeri disekelilingnya saat tersentuh. Jerawat ini akan berubah menjadi merah saat mengalami peradangan. Nah, jenis jerawat seperti ini juga bisa diakibatkan karena reaksi ketidakcocokan terhadap suatu produk. 

Jerawat Nodul
source: https://4.bp.blogspot.com/-MmmAcV9ZQBY/WoPOYS4AxAI/AAAAAAAACLQ/alw5saMKJXMAG-gUJlkb_2vVD9YxSnvkgCLcBGAs/s1600/cara-mengobati-jerawat-nodul.jpg