Jerawat dapat timbul karena banyak hal, misalnya saja debu yang menempel di wajah. Jika tidak dibersihkan, bisa dipastikan kotoran tersebut akan mengendap di pori-pori dan menyebabkan jerawat muncul.

Namun jerawat muncul tidak melulu perkara membersihkan wajah, salah memilih makanan untuk dikonsumsi ternyata juga bisa menyebabkan jerawat. Misalnya saja, banyak mengonsumsi susu atau makanan berminyak. Tapi sebenarnya mitos atau fakta ya?

Makanan Ini Dapat Menyebabkan Jerawat, Mitos atau Fakta?
  • Makanan Berminyak Tidak Menyebabkan Jerawat
Sebum atau minyak alami pada kulit dapat menyebabkan jerawat. Tapi, minyak dalam makanan sama sekali tidak ada kaitannya dengan sebum pada kulit. Kulit berminyak bisa disebabkan karena faktor genetik dan hormonal. 
  • Karbohidrat Bisa Menyebabkan Jerawat
Beberapa studi menyatakan bahwa karbohidrat dapat meningkatkan insulin dalam darah. Peningkatan insulin ini dapat mengganggu fungsi hormon sehingga karbohidrat menjadi makanan penyebab jerawat meradang. Jadi jangan mengonsumsi karbohidrat terlalu banyak jika tidak ingin timbul jerawat pada wajahmu ya!
Makanan Ini Dapat Menyebabkan Jerawat, Mitos atau Fakta?
  • Cokelat Tidak Menyebabkan Jerawat
Selama ini yang banyak orang ketahui makan cokelat dapat menyababkan jerawat, padahal mitos tersebut salah. Beberapa studi tidak menemukan hubungan antara cokelat dan jerawat, tapi belum ada satupun data yang dibukukan. Walau begitu, sebagian besar profesional medis setuju jika cokelat penyebab jerawat hanyalah mitos yang salah.
  • Produk Olahan Susu Bisa Timbulkan Jerawat
​​​​​​​Dokter menyatakan, susu dapat menganggu fungsi hormon. Kemungkinan lain adalah gula dalam susu dapat meningkatkan kadar insulin yang sama efeknya dengan makan karbohidrat. Sehingga produk olahan susu menjadi makanan penyebab jerawat yang perlu kamu perhatikan ketika mengonsumsinya.
baca juga

Faktor Penyebab Jerawat

  • Jarang Membersihkan Wajah

Jika jarang membersihkan wajah, kotoran dan debu yang menempel pada wajah ketika beraktivitas akan menyumbat pori-pori dan bisa menimbulkan komedo dan jerawat. Sehingga tidak rajin membersihkan wajah dapat menjadi faktor penyebab jerawat.

  • Penyumbatan Kelenjar Minyak
Penyebab lain yang dapat menimbulkan jerawat adalah penyumbatan kelenjar minyak. Biasanya hal ini terjadi karena kondisi hormonal pada tubuh. Saat hormon berada pada situasi yang tidak normal seperti sedang menstruasi atau hamil maka dapat merangsang produksi minyak berlebih sehingga dapat menyebabkan sumbatan pada kelenjar minyak. Nantinya sumbatan itu akan menimbulkan adanya komedo bahkan jerawat pada wajah.
  • Penggunaan Skincare yang Kurang Tepat

Meskipun kamu terobsesi untuk menghilangkan jerawat tapi bukan berarti kamu memakai semua produk skincare yang dikhususkan untuk mengatasi jerawat. Kamu juga harus memperhatikan produk dan cara penggunaannya serta kesesuaiannya dengan jenis kulitmu agar dapat berfungsi maksimal.

Faktor Penyebab Jerawat

 

Cara mengatasi Jerawat

  • Gunakan pembersih wajah yang lembut, memiliki bahan dasar air, hentikan penggunaan sabun batangan, dan hindari mencuci wajah terlalu sering.
  • Tidak ada produk yang benar-benar bisa menghilangkan produksi minyak berlebih. Untuk itu, selalu sediakan blotting paper, no-sebum powder, hingga gunakan clay mask setiap minggu untuk mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah.
  • Perhatikan jenis kulit dengan baik dan pilih produk yang sesuai dengan kondisi tersebut. Penggunaan produk perawatan yang tidak sesuai dengan jenis kulit pastinya akan makin memperparah jerawat yang ada.
Cara mengatasi Jerawat

 

baca juga
youtube:2GqCHuMNLTs
source: https://www.youtube.com/watch?v=2GqCHuMNLTs
6 Rekomendasi Facial Scrub Brand Lokal yang Cocok untuk Atasi Kulit Kering