Memakai Eyeshadow Primer

Dilansir dari Makeup.com, memakai eye base atau eyeshadow primer adalah salah satu langkah penting sebelum memakai eyeshadow. Memakai eye base akan membantu warna eyeshadow akan lebih keluar dan warnanya sesuai dengan di palet. Jika kalian belum memiliki eyeshadow primer, kalian bisa juga menggunakan concelaer sebagai eyebase. 

Memakai Eyeshadow Primer
source: https://intothegloss.com/2016/03/best-eyeshadow-primer/

Sesuaikan dengan Bola Mata Kalian

Tujuan kita memakai eyeshadow adalah untuk menonjolkan area mata kita, oleh karena itu kita harus pintar-pintar memilih warna eyeshadow yang sesuai dengan bola mata kita. Namun, karena sebagian besar wanita Asia memiliki bola mata berwarna coklat dan hitam, maka warna bola mata tersebut akan cocok dipakaikan dengan berbagai macam warna eyeshadow. Sehingga tips untuk menyesuaikan dengan warna bola mata ini dikhususkan untuk kalian yang mungkin menggunakan softlens berwarna warni. 

Sesuaikan dengan Bola Mata Kalian
source: https://weheartit.com/
baca juga

Mengenali Bentuk Mata

Tips lainnya adalah dengan mengenali bentuk mata kalian. Apakah bentuk mata kalian hooded, deep-set eyes atau lain sebagainya. Mengenali bentuk mata ini penting supaya kalian dapat mempelajari teknik pemakaian eyeshadow sesuai bentuk mata. Misalnya membaurkan eyeshadow lebih tinggi jika kalian memiliki hooded eyes. 

Pelajari Warna-warna di Palet Kalian

Jika kalian memiliki satu eyeshadow palet, kalian harus mengetahui kapan dan dimana warna-warna tersebut akan digunakan. Misalnya warna yang paling muda akan digunakan sebagai warna transisi dan diaplikasikan ke seluruh kelopak mata, kemudian warna yang sedikit gelap untuk di atasnya dan warna yang lebih gelap lagi untuk di outer V. 

Pelajari Warna-warna di Palet Kalian
source: https://www.buzzfeed.com/
baca juga

Blend, blend, blend!

Kunci dari pemakaian eyeshadow yang rapi adalah ketika kita semakin baik dalam membaurkan eyeshadow. Membaurkan eyeshadow memang lama dan membutuhkan kesabaran lho. Setelah semua warna ditumpuk di kelopak mata, kita bisa blend warna-warna tersebut supaya tidak lagi ada harsh line dan eyeshadow membaur secara sempurna. Langkah ini penting banget untuk menghasilkan eyeshadow yang bagus. 

Blend, blend, blend!
source: https://themakeuplist.com/

Membeli Eyebrush yang Benar

Sebagai tools pengaplikasian eyeshadow, pastinya kita membutuhkan brush atau kuas mata. Kuas mata terdiri dari berbagai macam bentuk. Namun supaya tidak salah membeli, kalian bisa membeli beberapa macam kuas mata yang paling penting saja. Seperti Basic eyeshadow brush, blending brush dan pencil brush. 

Membeli Eyebrush yang Benar
source: https://content.shopback.com/

Membersihkan Eyeshadow Brush

Enggak cuma pemakaian eyeshadow yang perlu dipelajari, tapi hal lain yang perlu diperhatika adalah bagaimana perawatan eyeshadow brush. Karena mata adalah salah satu aset yang penting dan sensitif, tentunya kita harus super extra merawatnya! Kalian harus rajin membersihkan eyeshadow brush.

Selain itu, eyeshadow brush yang bersih akan memudahkan kalian ketika kalian ingin mengaplikasikan suatu warna agar tidak tercmapur dengan warna yang masih tersisa di brushnya. So, jangan sampai ketika kalian ingin memakai eyeshadow natural, tapi warna tua malah ikut keluar karena kalian lupa membersihkan eyeshadow yang tersisa di brush. 

Pemilihan Formula yang Tepat

Formula dari eyeshadow merupakan salah satu hal yang penting. Jika kalian pemula, memakai eyeshadow dengan formula yang padat akan lebih mudah digunakan daripada menggunakan eyeshadow cream atau loose eyeshadow yang lebih cepat luntur. 

Pemilihan Formula yang Tepat
source: https://www.freepik.com/

Hindari Monochrome Look

Jangan samakan warna eyeshadow kalian dengan makeup lain seperti lipstick, karena warnanya akan kontras dan tidak seimbang. Jadi kalau kalian ingin bold di warna mata, kalian bisa beri warna nude untuk bibir dan sebaliknya. 

Semprotkan dengan Setting Spray

Jika kalian sudah selesai mengaplikasikan seluruh makeup, termasuk eyeshadow, kalian bisa semprotkan setting spray untuk menjaga agar makeup kalian tahan lama dan enggak luntur. 

Semprotkan dengan Setting Spray
source: https://blog.beautybridge.com

So, itulah 10 tips pemakaian eyeshadow untuk kalian yang masih pemula. Semoga bermanfaat ya!