1. Tanda Menstruasi Masih Normal

Menstruasi normal berapa hari? Wanita dewasa memiliki siklus menstruasi dengan jarak antara 21 sampai 35 hari. Sedangkan pada remaja perempuan, siklus menstruasi umumnya berjarak 21 hingga 45 hari. Berdasarkan pola ini, wanitayang memiliki siklus menstruasi berjarak 21 hari memiliki kemungkinan mengalami menstruasi dua kali dalam satu bulan. Jadi ini masih disebut sebagai menstruasi normal.
 

1. Tanda Menstruasi Masih Normal
source: https://theadventurista.com/

Ada juga fakta yang menyebutkan bahwa dalam setahun wanita mungkin mengalami 13 kali menstruasi. Jadi masih tergolong normal jika dalam sebulan menstruasi datang dua kali, selama itu enggak terjadi sepanjang tahun. Selanjutnya, hal ini juga masih tergolong wajar jika enggak ada keluhan yang dirasakan selama menstruasi. Jika menstruasi tidak teratur dalam waktu panjang baru bisa konsultasi ke dokter.
 

2. Faktor Penyebab Menstruasi Dua Kali dalam Sebulan

Mengalami menstruasi dua kali dalam sebulan memang masih disebut wajar. Namun ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. Salah satunya adalah stres. Stres memicu perubahan hormon yang sangat mungkin bisa mempengaruhi siklus menstruasi. Selain stres, masa pubertas juga bisa menjadi penyebab menstruasi datang dua kali dalam sebulan. Pada masa awal mengalami menstruasi, siklus menstruasi biasanya memang belum teratur. Jadi sangat wajar jika menstruasi terjadi selama dua kali bahkan tiga kali dalam sebulan.
 

2. Faktor Penyebab Menstruasi Dua Kali dalam Sebulan

Faktor gangguan tubuh juga bisa menjadi penyebab siklus menstruasi yang enggak teratur. Hiperteroidisme yang merupakan kelebihan hormon tiroksin juga berpeluang mempengaruhi metabolisme tubuh termasuk siklus menstruasi. Ada juga sindrom ovarium polikistik yaitu kelainan hormonal yang menyebabkan kista kecil dalam ovarium sehingga menyebabkan menstruasi enggak teratur.
 

baca juga

3. Tanda Menstruasi Berbahaya

Menstruasi banyak, misal dua kali dalam sebulan bisa dikatakan normal selama enggak ada keluhan lain yang menyertai serta enggak berlangsung terus menerus. Namun kamu juga perlu waspada jika menstruasi tersebut disertai gejala gangguan lain dan berlangsung terus menerus. Maka kamu harus mengenali tanda-tandanya.
 

3. Tanda Menstruasi Berbahaya
source: https://www.pixabay.com/

Gejala lain yang mungkin menyertai adalah keluarnya darah yang sangat banyak disertai munculnya rasa sakit yang berlebihan saat menstruasi. Selain itu, menstruasi selama lebih dari 7 hari juga menjadi salah satu tanda menstruasi yang enggak normal. Satu lagi, menstruasi enggak normal juga bisa dikenali jika datangnya kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Jika tanda-tanda di atas terjadi, maka kamu harus segera berkonsultasi pada dokter.