Sakit Kepala Tegang

Sakit kepala tegang merupakan sakit kepala yang paling umum dirasakan oleh setiap orang dan biasanya terjadi pada tingkat yang ringan sampai sedang. Sakit kepala ini bisa disebabkan oleh kelelahan, stres, atau masalah pada otot-otot di leher atau rahang, seperti ketegangan otot. Karena sakit kepala tegang dapat meningkatkan kerentanan seseorang terhadap nyeri, ia juga dapat megakibatkan nyeri pada leher dan menyebabkan sakit kepala bagian belakang. Sakit kepala ini biasanya berlangsung selama 20 menit - 2 jam.

Sakit Kepala Tegang

Neuralgia Oksipital

Neuralgia oksipital adalah kondisi di mana saraf oksipital (saraf yang ada pada sumsum tulang belakang sampai kepala) meradang atau mengalami cedera. Sehingga, kamu akan merasakan sakit atau pusing pada bagian belakang kepala  atau pada bagian bawah kepala. Namun, sakit kepala ini juga dapat menyebar ke bagian atas kepala.

 

Neuralgia Oksipital
baca juga

Migrain

Migrain ini biasanya memang tidak menyerang kepala bagian belakang namun bukan berarti hal ini tidak bisa terjadi. Para ahli saraf meyakini bahwa migrain disebabkan oleh perubahan pada aliran darah di otak dan aktivitas sel saraf. Keturunan juga bisa menyebabkan migrain. Migrain juga bisa dipicu oleh kurang tidur atau kebanyakan tidur, kelelahan, stres, cahaya terang, bau yang menyengat, suara yang terlalu keras dan juga bisa dari faktor makanan.

Migrain

Sakit Kepala Cluster

Sakit kepala ini datang dan pergi pada waktu tertentu. Sakit kepala ini biasanya terjadi di satu sisi kepala dan juga bisa sampai parah. Kondisi ini juga bisa menyebabkan hidung tersumbat, mata merah dan berair. Lebih dari seperempat penderita sakit kepala cluster melaporkan bahwa mereka juga mengalami sakit kepala di bagian belakang. Penyebab sakit kepala ini belum diketahui, namun mungkin faktor genetik bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Sakit Kepala Cluster
baca juga

Sakit Kepala Cervicogenic

Ini merupakan salah satu penyebab yang paling umum dari sakit kepala bagian belakang. Sakit kepala ini bisa dimulai dari satu sisi kepala dan kemudian bisa menyebar ke sisi lainnya dan juga ke dahi. Sakit kepala cervicogenic bisa dipicu oleh postur, cedera leher, dan cedera ringan lainnya. Sakit kepala bagian belakang yang disebabkan oleh sakit kepala cervicogenic ini seringnya dialami oleh orang yang lebih tua.

Sakit Kepala Cervicogenic