Membersihkan Ketiak

Ketiak adalah tempatnya bakteri karena letaknya yang berada di lipatan dan tertutup. Seringnya terkena keringat dan penggunaan deodorant bisa menyebabkan menumpuknya sel-sel kulit mati. Oleh karena itu, cara mencukur bulu ketiak yang pertama adalah sebelum mencukur bersihkan ketiak saat sedang mandi menggunakan sabun dengan lembut.

Jika perlu, gunakan body scrub yang smooth untuk mengeksfoliasi kulit mati yang masih menempel di ketiak, jika tidak kalian bisa menggunakan handuk hangat untuk membersihkannya. 

Membersihkan Ketiak
source: https://id.pinterest.com/pin/742671794779541331/

Gunakan Minyak Untuk Melembabkan

Cara mencukur bulu ketiak yang kedua adalah dengan mengoleskan minyak zaitun atau argan 24jam sebelum proses pencukuran. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi iritasi yang mungkin terjadi saat proses mencukur nantinya. Lakukan hal ini sebelum tidur agar minyak meresap dengan baik pada kulit ketiak. 

baca juga

Mencukur Ketika Kondisi Lembab

Penggunaan minyak bertujuan untuk melembabkan kulit permukaan ketiak. Jika tidak ingin repot, cara mencukur bulu ketiak adalah dilakukan setelah mandi karena badan masih dalam kondisi yang lembab sehingga memudahkan kita saat mencukur bulu. 

Mencukur Ketika Kondisi Lembab

Menggunakan Pisau Cukur

Cara mencukur bulu ketiak menggunakan female shaver atau pisau cukur yang memiliki strip akan lebih aman dan tidak akan membuat kulit terluka. Jika dimungkinkan gunakan depilatory cream agar proses mencukur semakin mudah.

Menggunakan Pisau Cukur
source: https://id.pinterest.com/pin/373095150360715665/
baca juga

Perhatikan Cara Mencukur

cara mencukur bulu ketiak yang benar agar tidak hitam dengan menarik kulit ketiak agar bulu ketiak mudah hilang. Cukur dari arath tumbuh rambut lalu cukur kembali dari arah yang berlawanan. Jika hal ini dilakukan dengan benar maka bulu akan terangkat dan bersih lebih cepat. 

Perhatikan Cara Mencukur

Mencukur Saat Malam Hari

Jika kita mencukur saat pagi atau siang hari, kemungkinan ketiak akan terpapar body spray deodorant, dan parfum akan tinggi, padahal setelah dicukur kulit ketiak akan lebih sensitif, sehingga ditakutkan akan iritasi jika terkena produk yang mengandung bahan kimia.

Oleh karena itu, cukur ketiak yang benar adalah saat malam hari karena kulit akan lebih tenang saat dibawa tidur sehingga ketiak akan lebih siap jika diberi deodorant atau pewangi badan pada pagi harinya.

Mencukur Saat Malam Hari
source: https://id.pinterest.com/pin/718394578038298963/

Gunakan Pelembab Setelah Mencukur

Cara mencukur bulu ketiak yang terakhir adalah perawatan pascaa mencukur. Gunakan pelembab yang mengandung gliserol, minyak biji bunga matahari, atau minyak alpukat. Jika tidak punya bisa oleskan minyak kelapa. Hal ini berguna untuk memperkecil kemungkinan iritasi karena pelindung pada kulit ketiak telah hilang. Hindari pelembab yang mengandung alkohol.

Gunakan Pelembab Setelah Mencukur
source: https://id.pinterest.com/pin/215046950942895931/

Bersihkan Alat Cukur

Memperhatikan kebersihan alat cukur adalah salah satu hal terpenting saat mencukur bulu ketiak. Setelah digunakan jangan lupa untuk dibersihkan. Jangan sampai alat cukur disimpan dalam keadaan basah. Simpan dalam kondisi dan di tempat yang kering. 

Itu dia cara mencukur bulu ketiak dengan benar. Selain melakukan perawatan pra mencukur, harus diperhatikan pula perawatan pasca mencukur agar tetap bersih dan sehat.