Memiliki badan yang bagus tentu menjadi goals bagi semua orang terutama bagi para wanita. Apalagi kalau badan yang bagus diikuti dengan wajah yang cantik, seperti pemeran film Eiffel I’m in Love, Shandy Aulia.

Shandy Aulia menikah pada Desember 2011 lalu, masih terlihat cantik dan muda. Ia kerap memamerkan badannya yang bagus melalui instagram nya. Padahal, jika dilihat dari biodata Shandy Aulia, perempuan itu kini sudah berusia 31 tahun. Namun karena kegemarannya berolahraga, badannya pun masih seksi dan memiliki bentuk yang bagus bak wanita usia 20an.

Cari Tahu 5 Manfaat Pilates, Olahraga yang Digemari Si Cantik Shandy Aulia
source: https://www.instagram.com/shandyaulia

Salah satu olahraga yang digemari oleh istri dari David Herbowo ini adalah olahraga pilates. Kalau dilihat-lihat, olahraga pilates ini hampir mirip dengan yoga. Tapi sebenarnya, pilates ini adalah versi kontemporer yoga yang dikembangkan sekitar abad 20-an oleh seorang atlet veteran bernama Joseph Pilates.

Nah sebenarnya apa saja sih manfaat dari pilates? Apakah benar-benar akan membuat badan kita sebagus Shandy Aulia? Yuk simak, 5 manfaat pilates!

Menguatkan Otot Inti Tubuh

Otot inti merupakan serangkaian otot kompleks yang membentang dari otot dada bawah, perut, punggung hingga otot disekitar panggul. Otot inti yang lemah atau kurang fleksibel, dapat menganggu fungsi lengan dan kaki, serta menguras habis tenaga dari setiap gerakan yang kamu buat lho. Melatih otot inti dengan benar dapat menggenjot kekuatannya. Banyak orang yang berpendapat bahwa melatih otot inti identik dengan membentuk perut six pack. Tapi jangan salah dulu, menguatkan otot inti menjadi salah satu manfaat dari pilates yang sangat dicari.

Menguatkan Otot Inti Tubuh
source: https://www.instagram.com/shandyaulia
baca juga

Mengoreksi Postur Tubuh

Otot perut dan punggung harus memiliki kekuatan yang besar untuk melakukan tugas sehari-hari, seperi membawa barang berat atau menggendong anak kecil. Pilates mendukung inti tubuh untuk menstabilkan koordinasi tubuh, sehingga bisa menjaga postur tubuh yang baik ketika duduk dan berdiri. Pilates melatih otot-otot punggung bawah, pinggul, perut serta panggul mu menjadi pusat gravitasi tubuh, agar dapat bekerja secara harmonis. Lebih penting lagi, menstabilkan inti tubuh lewat pilates juga mengurangi keasusan tulang belakang lho.

Manfaat pilates ini memudahkanmu untuk menarik lebih banyak oksigen saat bernapas, yang memberikan postur tubuh stabil dan baik, dan juga mengasah keterampilan motorik halus. Postur tubuh yang baik membuat kamu tampak lebih tinggi dan ramping, yang pada akhirnya menggenjot kepercayaan diri.

Mengoreksi Postur Tubuh
source: https://www.instagram.com/shandyaulia

Mencegah dan Mengurangi Rasa Sakit Akibat Cedera

Terlalu lama duduk dan minim olahraga melemahkan otot-otot bagian tengah tubuh. Begitu otot inti tubuh melemah, salah bantal atau keseleo sedikit saja dapat menyebabkan nyeri yang berkepanjangan.

Pilates dapat memanjangkan dan memperkuat otot, meningkatkan elastisitas otot, dan meningkatkan mobilitas sendi. Tubuh dengan kekuatan dan kelenturan yang seimbang akan lebih kebal atau lebih cepat sembuh dari cedera. Itulah sebabnya banyak orang yang menderita nyeri punggung bawah kronis memilih berlatih Pilates, dan ternyata sudah terbukti bisa mempercepat penyembuhan lho.

baca juga

Menajamkan Fokus

Meskipun tampak sangat mudah untuk dilakukan, pilates sebenarnya merupakan olahraga yang membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi.  Pilates berpusat pada harmonisasi pengendalian pikiran, tubuh dan pengaturan nafas, yang menjadikan kamu lebih fokus pada setiap gerakan. Ketajaman fokus ini membuat kemungkinan kamu teledor dan mencelakai diri sendiri sangat tipis.
 

Menajamkan Fokus
source: https://www.instagram.com/shandyaulia

Meningkatkan Kualitas Hidup Seks