"Perkenalkan Diri Anda"

Perkenalan diri adalah salah satu hal yang sering disebutkan oleh para recruiter saat melakukan interview kerja. Di sini para pelamar kerja sebenarnya diberi kesempatan untuk memperkenalkan hal-hal menonjol atau menjual yang ada di dalam dirinya.

Kalian bisa memperkenalkan diri dengan dimana kalian kuliah, gelar apa yang didapat, latar belakang pendidikan, personality, keahlian apa yang kalian punya dan lain sebagainya. Hindari memperkenalkan identitas diri seperti tanggal lahir, latar belakang keluarga atau hal-hal lain yang tidak membuat para recruiter benar-benar mengenali diri kalian.

"Perkenalkan Diri Anda"
source: https://magazine.job-like.com

Kelebihan dan Kekurangan Diri

Dalam interview kerja, kemungkinan besar kalian akan ditanyakan mengenai kelebihan dan kekurangan diri kalian. Hal ini bertujuan agar recruiter mengetahui apakah kalian benar-benar mengenali diri kalian sendiri atau tidak. Kalian bisa menjawab dengan kelebihan dalam hal-hal personality. Untuk kekurangan, jangan jawab dengan hal-hal yang benar-benar menjadi kekurangan anda seperti, "saya orang yang pemalas." 

Kelebihan dan Kekurangan Diri
source: https://fluidsurveys.com/
baca juga

Bagaimana Kamu Melihat Dirimu 10 Tahun Mendatang?

Pertanyaan ini seringkali akan ditanyakan oleh para recruiter kepada pelamar kerja. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah kalian termasuk orang yang visioner? Apakah kalian memiliki rencana hidup yang tertata dengan baik atau malah masih bingung dengan "ingin menjadi apa" kalian di kemudian hari. Jawablah dengan yakin tentang pencapaian yang ingin kalian capai dari sekarang. 

Bagaimana Kamu Melihat Dirimu 10 Tahun Mendatang?
source: https://www.tips-cewek.com/

Pertanyaan dari Pengalaman

Pertanyaan dari pengalaman akan keluar ketika kalian melakukan interview kerja. Enggak cuma pengalaman kerja, tapi bisa juga pengalaman hidup atau pengalaman selama di organisasi. Mungkin kalian akan ditanyakan tentang bagaimana pengalaman kalian menghadapi masalah atau kegagalan, pengalaman kalian menghadapi teman yang tidak mau bekerja dan lain sebagainya. 

Pertanyaan dari Pengalaman
source: http://www.starjogja.com/
baca juga

Studi Kasus

Dalam berbagai interview kerja, tidak jarang lho para recruiter akan memberikan kalian studi kasus yang harus kalian jawab dengan keputusan yang tepat saat itu juga. Misalnya kalian harus menjawab, "jika kalian mendapatkan perintah dari atasan namun perintah tersebut melanggar aturan, apa yang akan kalian lakukan?" hal tersebut mungkin akan membingungkan. Tapi jawablah sebijak mungkin dan sertakan solusi di dalam jawaban kalian.

Studi Kasus
source: https://www.jobstreet.co.id/

So, itulah beberapa pertanyaan yang sering muncul saat kalian interview kerja. Tentunya masih banyak lagi lho yang perlu kalian pelajari tentang interview kerja. Semoga artikel ini bermanfaat!