1. Hindari Terlalu Sering Mengusap Kacamata

Membersihkan kacamata dengan cara yang paling mudah adalah dengan mengusapnya. Entah itu mengusap langsung dengan tangan maupun dengan kain lap khusus. Namun cara membersihkan ini enggak perlu terlalu sering dilakukan. Debu atau partikel yang menempel pada kacamata akan meninggalkan goresan saat diusap, terlebih jika kacamata dalam keadaan kering.
 

1. Hindari Terlalu Sering Mengusap Kacamata

2. Gunakan Cairan Khusus

Salah satu ciri kacamata kotor adalah lensanya yang buram. Untuk membersihkan kacamata buram, kamu harus menggunakan cairan khusus pembersih kacamata. Jika enggak ada cairan pembersih khusus, gunakan sabun yang lembut dan tanpa alkohol. Karena alkohol akan mempengaruhi tingkat kejernihan lensa.
 

2. Gunakan Cairan Khusus
baca juga

3. Bilas di Air Mengalir

Untuk mendapatkan kacamata yang bersih, gunakan air mengalir untuk membilas kacamata yang telah dicuci. Ini bertujuan agar enggak ada sisa cairan atau sabun yang terselip atau belum bersih dari lensa. Lensa yang enggak bersih saat dicuci akan menjadikannya buram. Sementara gagang kacamata yang juga enggak bersih akan mudah berkarat.
 

3. Bilas di Air Mengalir

4. Keringkan dengan Benar

Setelah mencuci kacamata, kamu perlu mengeringkannya dengan sempurna agar enggak ada noda yang tertinggal. Keringkan lensa kacamata dengan kain yang berserat halus. Keringkan dengan gerakan memutar ke satu arah saja dan hindari menekan lensa terlalu kuat saat mengeringkan. Keringkan juga bagian gagang kacamata sampai benar-benar kering sebelum digunakan.
 

4. Keringkan dengan Benar
baca juga

5. Perhatikan Penyimpanan

Jika ingin kacamata tetap terawat, maka kamu tidak bisa meletakkannya di sembarang tempat. Meletakkannya di sembarang tempat hanya akan memperbesar resiko kerusakan. Misalnya saja tergores atau patah karena terbentur benda keras lain. Untuk itu, selalu simpan kacamata pada kotak khususnya. Ini akan membuat kacamata awet.
 

5. Perhatikan Penyimpanan

6. Bawa ke Optik Seminggu Sekali

Meskipun kamu bisa membersihkan kacamata sendiri di rumah, namun ada saatnya kamu perlu membawa kacamata ke optik seminggu sekali. Selain dibersihkan secara lebih profesional, di optik kacamata juga akan diperiksa semua bagiannya. Jika ada yang enggak pas, kacamata bisa diperbaiki sehingga selalu nyaman ketika digunakan.
 

6. Bawa ke Optik Seminggu Sekali

(Editor/Rizki Astuti)