Saat beraktivitas, sepatu menjadi salah satu hal penting untuk membuatmu nyaman melakukan segala kegiatan yang dilakukan. Apabila sepatu yang dikenakan kekecilan, pastinya akan membuatmu yang mengenakannya sangat tidak nyaman bergerak bahkan bisa menimbulkan lecet pada kakimu ladies. Namun, jangan khawatir, ada cara untuk mencegah kaki lecet dari sepatu lho. Ingin mencobanya? Simak cara mencegah kaki lecet karena sepatu di bawah ini yuk!

Menggunakan Kaus Kaki

Menggunakan kaus kaki bisa jadi salah satu cara untuk mencegah kaki lecet lho, beauties. Penggunaan kaus kaki ini juga membuat pori-pori pada kakimu tidak lembap sehingga tidak menyebabkan kaki cepat bau. Sepatu olahraga menjadi pasangan pas bila kamu ingin melakukan aktivitas dengan kaus kaki. Jangan lupa perhatikan bahan dan ukuran kaus kaki yang nyaman ya supaya kakimu lebih leluasa saat mengenakan sepatu baru.

Menggunakan Kaus Kaki
source: https://www.pexels.com/photo/person-wearing-pair-of-white-low-top-sneakers-and-orange-crew-socks-1437149/
baca juga

Carilah Ukuran Sepatu yang Pas

Saat memutuskan untuk membeli sepatu baru, penting banget untuk memperhatikan ukuran dan bentuk sepatu yang pas untuk kakimu ya, ladies. Saat membeli disarankan untuk mencoba sepatu di siang hari ketika kamu sudah banyak bergerak. 

Aliran darah yang lebih banyak mengalir ke tubuh bagian bawah membuat kakimu membesar. Dijamin deh, setelah mendapatkan sepatu sesuai dengan ukuran yang nyaman untuk dikenakan, kamu bebas memakainya tanpa perlu khawatir kaki akan menjadi lecet.

Carilah Ukuran Sepatu yang Pas
source: https://www.pexels.com/photo/woman-at-shoe-store-318236/

Gunakan Pelembab Sebelum Beraktivitas

Pelembab menjadi pilihanmu untuk mengindari terjadinya lecet pada kaki. Bahan pelembap yang lembut dan licin bisa jadi cara mencegah kaki lecet saat mengenakan sepatu baru. Akan lebih baik kalau kamu menggunakan pelembab yang benar-benar berfungsi untuk melembabkan kulit ya, ladies. Gunakan juga pelembab yang mengandung Vitamin E atau lidah buaya. Kedua bahan itu akan semakin baik melembabkan kulit kakimu serta melindunginya dari iritasi.

Gunakan Pelembab Sebelum Beraktivitas
source: https://www.pexels.com/photo/woman-touching-her-right-leg-1204473/
baca juga

Menggunakan Plester Luka

Area yang seringkali menjadi langganan kulit lecet saat mengenakan sepatu adalah bagian tumit kaki. Sepatu baru, khususnya sepatu wanita menjadi salah satu penyebab tumit kaki mengalami lecet. Jurus yang satu ini selalu menjadi andalan bagi beauties semua kan? Ya, menggunakan plester pada tumit kaki akan mencegah kaki menjadi lecet serta mengurangi rasa sakit apabila telah mengalami lecet pada kulit. Bantalan empuk plester dapat menahan gesekkan tumit pada sepatu dan pastinya sangat menolong rasa perih karena kulit kakimu yang lecet, Ladies.

Menggunakan Plester Luka
source: https://id.pinterest.com/pin/261631059573585605/

Panaskan dengan Hair Dryer

Last but not least, cara yang satu ini bisa untuk melonggarkan sepatumu agar tidak terlalu sempit untuk digunakan, ladies Kamu bisa menggunakan hair dryer di bagian dalam sepatu sampai sepatu mulai memuai. Setelah memuai dengan suhu panas dari hair dryer, kamu bisa menyesuaikan ukuran yang pas untuk kakimu. Setelah merasa cukup longgar namun tidak terlalu sempit, diamkan sampai sepatu tidak lagi lemas dan mengeras kembali, ladies.

Panaskan dengan Hair Dryer
source: https://www.pexels.com/photo/woman-at-shoe-store-318236/

Itu dia beberapa cara untuk mencegah kaki lecet saat menggunakan sepatu, beauties. Jangan khawatir kaki lecet lagi ya karena sepatu sempitmu. Selamat mencoba!