1. Pelembab untuk Wajah Berminyak

Wajah berminyak dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah hormon dalam tubuh. Bila kelebihan hormon dihidrotestosteron (DHT), maka dapat memicu kelenjar minyak. Untuk itu kamu perlu pelembab yang mengatasi khusus untuk wajah berminyak. Berikut tips untuk memilih pelembab untuk wajah berminyak:

Tidak Mengandung Minyak

Sebaiknya kamu memilih pelembab yang memiliki kandungan alami seperti aloe vera  yang  mampu melembabkan kulit tanpa membuatnya semakin berminyak.

Alasan Kamu Perlu Pelembap Wajah Pagi dan Malam Hari
source: https://www.rd.com/health/beauty/oily-skin-care/
Pilihlah Water Based

Selanjutnya dengan memilih pelembab wajah untuk kulit berminyak yang water-based. Kandungan air di dalamnya akan membantu kulit wajah tetap lembab tanpa harus menyebabkan wajah kamu berminyak.

2. Pelembab Wajah untuk Kulit Berjerawat

Untuk kamu yang memiliki masalah dengan kulit wajah yang berjerawat, kamu enggak usah khawatir dalam memilih pelembab yang tepat untuk kulit wajahmu yang berjerawat. Berikut tips memilih pelembab yang tepat untuk kulit wajahmu yang berjerawat.

Memilih yang Sesuai dengan Jenis Jerawat

Sebelum memilih produk pelembab wajah untuk kulit berjerawat, kamu perlu memahami jenis jerawat yang muncul di wajah kamu. Jika kamu masih usia remaja, sebaiknya kamu  menggunakan tipe pelembab yang bisa membersihkan sisa-sisa sebum di kulit wajah atau yang mengandung bahan antibakteri.

Tapi kamu juga bisa memilih pelembab yang memiliki fungsi bakterisida sekaligus mampu memberikan kelembaban yang tinggi pada kulitmu. Untuk kamu yang menginjak pada usia dewasa, sebaiknya kamu menggunakan  pelembab wajah yang mampu menjaga kelembapan kulit. Kamu bisa menggunakan pelembap wajah yang mengandung vitamin dan mineral yang memiliki masalah jerawat di usia dewasa.     
Alasan Kamu Perlu Pelembap Wajah Pagi dan Malam Hari
source: https://www.remediesforme.com/

Memiliki Label “Non-Comedogenic Tested

H
al penting lainnya dalam memilih pelembab wajah untuk kulit berjerawat adalah kamu harus      memperhatikan ada tidaknya label hasil uji non-comedogenic. Hal ini merupakan tes yang 
dilakukan dengan memeriksa bahan dasar suatu produk guna melihat respons kulit terhadap pelembab yang diaplikasikan. Penilaian dilihat berdasarkan mudah timbul atau tidaknya komedo yang berpotensi sebagai bakal jerawat. Produk yang lulus uji biasanya menyertakan label "non-comedogenic tested” pada kemasannya.

Pilih Tekstur Ringan dan Halus Di Kulit

Sebaiknya kamu memilih pelembab yang teksturnya ringan dan tidak mengandung banyak          bahan aditif agar tidak membebani kulit. Gunakanlah produk pelembab yang dapat menjaga        kelembapan kulit, terutama untuk pemilik jenis jerawat di usia dewasa.

baca juga

3.   Pelembab Wajah Untuk Kulit Kering



Memiliki wajah dengan jenis kulit kering dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya kekurangan cairan tubuh atau perubahan cuaca. Ditambah lagi seringnya terpapar sinar matahari secara berlebihan.  Untuk itu kamu perlu pelembab wajah yang cocok untuk tipe kulit wajah kering. Berikut tips memilih pelembab wajah yang tepat untuk kulit wajah kering:

Alasan Kamu Perlu Pelembap Wajah Pagi dan Malam Hari
source: http://neurea.hudfriskhet.se/beautiful-skin/acne-treatment-for-dry-skin.php
  • Kamu sebaiknya memilih pelembab yang berbahan dasar minyak untuk membantu menjaga kulit tetap terhidrasi. Untuk kulit yang sangat kering, kamu dapat  memilih produk pelembab untuk kulit kering yang berbahan dasar petrolatum. 
  • Gunakan pelembab yang ringan pada pagi atau siang hari, dan pelembab yang agak berat pada malam hari. Selain itu, pelembab siang hari untuk kulit kering yang dapat kamu pilih adalah pelembab yang memiliki perlindungan terhadap sinar ultraviolet.
  • Kamu dapat mencari pelembab untuk kulit kering yang mengandung bahan hyaluronic acid dan dimethicone yang dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi.