Kartu Kredit untuk Gesek Tunai

Salah satu kesalahan yang umum dan sering dilakukan dalam penggunaan kartu kredit adalah gesek tunai. Gesek tunai (gestun) adalah proses tarik tunai melalui baik lewat ATM maupun mesin EDC dengan kartu kredit. Untuk penggunaan dengan mesin EDC, Pemilik mesin/merchant yang menawarkan jasa gestun biasanya akan menggesek kartumu dan membuat seolah-olah kamu melakukan transaksi. Setalah itu kamu akan mendapatkan uang tunai sesuai dengan limit kredit yang masih ada.

Pemilik kartu kredit akan tetap dikenakan bunga pada setiap transaksi gesek tunai yang dilakukan. Sebenarnya, gestun sudah dilarang Pemerintah untuk mengantisipasi kebiasaan berutang, overlimit kartu kredit dan masalah lainnya. Selain itu, gestun ini juga rentan digunakan untuk melakukan pencucian uang. 

Kartu Kredit untuk Gesek Tunai

Kartu Kredit untuk Lunasi KPR

Kartu kredit sebaiknya dilakukan untuk pembayaran yang tergolong dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama, misalnya membeli gawai atau barang elektronik yang dicicil selama 12-24 bulan. Plus, untuk pembayaran dalam nominal yang masih masuk akal untuk bisa dibayar di bulan berikutnya. Oleh sebab itu, jangan gunakan kartu kredit untuk membayar angsuran rumah.

PR sendiri biasanya sudah disertai dengan bunga yang cukup tinggi, mengingat harga rumah yang sudah tinggi berarti kemungkinan Ladies membayar dengan cicilan akan semakin tinggi. Bayangkan jika total cicilan KPR masih harus diakumulasikan dengan bunga kartu kredit, tentu harganya akan melambung semakin tinggi. Membayar kredit dengan kartu kredit akan menyeretmu dalam kebiasaan gali lubang tutup lubang.

Kartu Kredit untuk Lunasi KPR
baca juga

Kartu Kredit untuk Bayar Pajak

Membayar pajak dengan menggunakan kartu kredit membuat lebih mudah. Tapi, kamu harus tahu kalau cara pembayaran ini dikenakan tambahan biaya sebagai denda keterlambatan pembayaran. Artinya, tagihan per bulan pun akan menjadi lebih besar.

Kartu Kredit untuk Bayar Pajak

Kartu Kredit untuk Modal Bisnis

Kesalahan fatal lain dalam menggunakan kartu kredit adalah menggunakannya untuk mendanai modal bisnis. Kala kamu melakukan ini sama saja kamu mempertaruhkan sesuatu yang belum pasti. Syukur-syukur bisnis berjalan lancar. Tapi, kalau tidak, kartu kredit malah menjeratmu dalam masalah utang. 

Ada banyak opsi lain yang bisa digunakan saat akan memulai sebuah bisnis, misalnya dengan berbagai program kredit usaha yang sudah disiapkan oleh bank untuk bisnis-bisnis kecil, termasuk unit bisnis mikro.

Kartu Kredit untuk Modal Bisnis
baca juga

Kartu Kredit untuk Lunasi Leasing Kendaraan

Seperti penggunaan kartu kredit untuk membayar KPR baik rumah atau properti lainnya. Lebih baik hindari membayar uang muka atau cicilan kendaraan bermotor, entah mobil atau sepeda motor dengan kartu kredit.Bunga kartu kredit yang tinggi dan tenor yang rendah akan membuat kamu kesulitan nantinya.

Kartu Kredit untuk Lunasi Leasing Kendaraan

Nah, udah tahu kan sekarang Ladies. Makin hati-hati dan bijak pakai kartu kredit ya!