1. Jarang Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah menjadi tahapan yang paling penting dalam skincare-mu karena di tahapan inilah kotoran atau debu yang menempel pada wajah akan terangkat dan membuat wajahmu menjadi bersih. Jika jarang membersihkan wajah, kotoran dan debu yang menempel pada wajah akan menyumbat pori-pori dan bisa menimbulkan komedo dan jerawat. Kamu pasti enggak mau kan punya wajah yang bermasalah dengan jerawat. Jadi jangan malas membersihkan wajah ya!
 

1.  Jarang Membersihkan Wajah

2. Alat Makeup Jarang Dibersihkan

Selain membersihkan wajah, kamu juga harus memperhatikan kebersihan alat make up yang kamu gunakan lho, misalnya kuas make up atau sponge. Karena kondisi alat make up yang tidak bersih juga rentan menyebabkan jerawat pada wajah. Alat make up yang kamu pakai tiap hari pastinya menimbun sisa-sisa makeup kan, hal itu bisa menjadi penyebab adanya bakteri dan menjadi tidak steril. Jadi jangan coba-coba kamu pakai ke wajah ya!
 
 

2.  Alat Makeup Jarang Dibersihkan
baca juga

3. Penyumbatan Kelenjar Minyak

Penyebab lain yang dapat menimbulkan jerawat adalah penyumbatan kelenjar minyak. Biasanya hal ini terjadi karena kondisi hormonal pada tubuh. Saat hormon berada pada situasi yang tidak normal seperti sedang menstruasi, hamil atau sedang mengonsumsi pil KB maka dapat merangsang produksi minyak berlebih sehingga dapat menyebabkan sumbatan pada kelenjar minyak. Nantinya sumbatan itu akan menimbulkan adanya komedo bahkan jerawat pada wajah.
 

3.  Penyumbatan Kelenjar Minyak

4. Gaya Hidup

Disadari atau tidak, gaya hidup yang kamu jalani juga mempengaruhi timbulnya jerawat pada wajahmu lho. Misalnya seperti kurang tidur, pola makan yang tidak baik, penggunaan skincare yang tidak cocok, sprei yang jarang diganti dan lain sebagainya. Jadi perhatikan gaya hidupmu dan biasakan untuk menerapkan gaya hidup yang sehat agar kulitmu juga terlihat sehat dan bebas dari jerawat.
4. Gaya Hidup
baca juga

5. Penggunaan Skincare yang Kurang Tepat

Meskipun kamu terobsesi untuk menghilangkan jerawat tapi bukan berarti kamu memakai semua produk skincare yang dikhususkan untuk mengatasi jerawat. Kamu juga harus memperhatikan produk dan cara penggunaannya agar dapat berfungsi maksimal. Perhatikan juga kesesuaiannya dengan jenis kulitmu ya!
5. Penggunaan Skincare yang Kurang Tepat