1. Belajar untuk Menghargai Diri Sendiri

Rasa gengsi dalam diri seseorang biasanya terjadi lantaran membutuhkan pengakuan status sosial dan juga ingin memiliki level yang setara dengan lingkungan sekitar. Buat kamu yang seringkali tidak merasa puas akan pencapaian diri dan selalu ingin lebih unggul dari orang lain, sebaiknya kamu mulai menguranginya.

1. Belajar untuk Menghargai Diri Sendiri
source: https://steemit.com/

Mulai sekarang sebaiknya kamu mulai belajar untuk menghargai diri sendiri. Hargai setiap apa-apa yang kamu miliki dan kamu capai hingga saat ini. Tidak semua orang bisa seberuntung kamu bisa memiliki apa yang kamu punya dan capai hingga hari ini. 

2 Bergaul dengan Teman yang Sesuai dan Buat Kamu Nyaman

Rasa gengsi tidak hanya disebabkan oleh faktor dari dalam saja lho. Faktor dari luar atau lingkungan sekitar kita juga berpengaruh sebagai penyebab munculnya rasa gengsi. Salah satu hal yang paling dekat dengan kita adalah pergaulan. Pergaulan dapat menjadi penyebab rasa gengsi muncul apabila kamu salah dalam memilihnya.

Sebagai perumpamaan ketika kamu bergaul dengan orang-orang terdekat, maka secara otomatis kamu harus menyesuaikan diri dengan mereka baik dari segi gaya hidup, tampilan, maupun kebutuhan. Pengaruh lingkungan sangat kuat dalam membentuk gaya hidup kamu lho.

2 Bergaul dengan Teman yang Sesuai dan Buat Kamu Nyaman
source: https://momsoftweensandteens.com/

Nah supaya rasa gengsi dalam diri kamu hilang dalam pergaulan, kamu harus pandai memilih lingkungan yang sesuai dan membuat kamu nyaman. Lingkungan pertemanan yang sesuai otomatis akan membuat kamu nyaman. Kamu bisa menjadi diri sendiri dengan apa yang kamu miliki tanpa perlu bersusah payah mengikuti dan menyesuaikan apa-apa yang mereka miliki. Kamu tidak perlu merasa risau dan malu saat bergaul dengan mereka, karena kamu tidak merasa dituntut untuk menjadi sama dengan mereka.

baca juga

3. Jangan Dengarkan Kata Orang Lain

Sama halnya dengan pergaulan yang bisa menjadi penyebab munculnya gengsi, kalimat yang dilontarkan orang lain pun juga bisa menjadi pemantik yang sangat ampuh dalam membentuk rasa gengi di dalam diri. Perkataan orang lain tentunya sudah menjadi makanan kita sehari-hari kapan pun dan di mana pun kita berada.

Ada orang yang tak pernah peduli dengan perkataan orang lain dan ada juga yang sangat memikirkan apa kata orang. Buat kamu yang masuk dalam golongan orang yang sangat memikirkan dan memedulikan apa kata orang lain, sebaiknya kamu mulai untuk berusaha abai. 

3. Jangan Dengarkan Kata Orang Lain
source: http://www.flickriver.com/

Mendengarkan perkataan orang lain di sini maksudnya adalah kata-kata yang dilontarkan yang bisa memicu kamu untuk berusaha agar tidak kalah dengan orang lain. Sebagai perumpamaan ketika berada di kantor ada yang menyeletuk semisal si A berkata "Wah si B berhasil turun 10 kg lewat diet keto, kamu juga diet mayo kan? Gimana hasilnya?" 

Meskipun terdengar sebagai percakapan ringan, tapi secara tidak langsung si A memicu kamu untuk tidak mau kalah dengan si B. Maka kamu akan berusaha dengan lebih keras lagi untuk menurunkan berat badan karena rasa gengsi dan ingin membuktikan pada si A kalau kamu bisa, tapi bukan demi kesehatan lagi seperti rencana awal. 

4. Ucapkan Tiga Kata Sakti: Maaf, Tolong, dan Terima Kasih

Mengucapkan tiga kata magic berupa 'Maaf', 'Tolong', dan 'Terima kasih' merupakan hal kecil yang kadang kita lewatkan untuk diterapkan dalam hidup ini. Padahal ternyata tiga kata ini ampuh banget buat atasi rasa gengsi dalam diri ini lho. Mungkin beberapa dari kita telah dilatih sejak kecil oleh orangtua untuk selalu mengucapkan tiga kata ini, tapi beberapa dari kita juga ada yang belum mengetahui betapa berharganya tiga kata ini dalam hidup. 

4. Ucapkan Tiga Kata Sakti: Maaf, Tolong, dan Terima Kasih
source: https://parenting.firstcry.com/

'Maaf' menjadi kata yang selalu kita ucapkan ketika kita berbuat salah. Eits, tapi ternyata kata ini enggak melulu harus kita ucapkan ketika kita salah saja lho. Ada saat di mana kita harus mengucapkannya meskipun kita tidak bersalah. Selalu ingat bahwa meminta maaf terlebih dahulu dibandingkan orang lain bukan berarti kita kalah. 'Terima kasih' menjadi kata yang selalu kita ucapkan ketika menerima sesuatu atau bantuan dari orang lain.

Nah kata ini bener-bener ajaib banget buat kita ucapkan sebagai wujud apresiasi dan rasa menghargai kita terhadap orang lain. 'Tolong' menjadi kata yang kita ucapkan untuk meminta bantuan atau sesuatu dari orang lain. Meminta tolong membuktikan bahwa kita tidak bisa hidup sendiri dan pastilah membutuhkan bantuan orang lain, selain itu juga bisa membantu kita dalam meringankan beban dalam melakukan sesuatu.

baca juga

5. Jangan Ikut-ikutan

Meskipun hal ini cukup sepele, tetapi mampu berpengaruh dengan kehidupan kamu lho. Dalam hidup terkadang kamu menginginkan apa yang orang lain miliki. Hal tersebut cenderung mendorong kamu untuk ikut-ikutan membeli dan memilikinya. Jika bukan karena kebutuhan, tetapi hanya karena ingin diakui dan dipandang setara itulah yang menjadi pemantik munculnya sifat gengsi dalam diri kamu.

5. Jangan Ikut-ikutan
source: https://gayahidupmu.com/

Jika rasa gengsi sudah menguasai diri kamu, tanpa perhitungan yang baik kamu akan melakukan segala upaya agar selalu setara dengan orang lain. Hal tersebut bisa merugikan kamu karena uang yang seharusnya dipakai untuk membeli kebutuhan, justru harus berubah haluan untuk digunakan membeli hal-hal yang tidak diperlukan. Hidup sederhana menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi rasa gengsi dalam diri.

Beberapa tips di atas adalah hal-hal yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi rasa gengsi di dalam diri. Rasa gengsi yang perlahan hilang dalam diri akan mendatangkan kebagiaan tersendiri dalam hidup kamu lho. Jadi kita jangan pernah lelah untuk selalu memperbaiki diri agar menjadi orang yang lebih baik ya, ladies.