Biasa disebut Chanoyu, tradisi meminum teh ini masih dilestarikan di Jepang sebagai warisan budaya. Chanoyu atau upacara minum teh ini sendiri merupakan cara dan seni bagaimana orang Jepang menjamu tamunya untuk meminum teh. Dalam pelaksanaannya ada aturan untuk tamu maupun pemilik rumah yang menjamunya. Ada 3 hal yang harus diperhatikan dan sangat penting dalam pelaksanaan upacara teh ini yaitu, tidak dengan gula, diminum dengan keadaan panas, dan tidak boleh ada kotoran sedikitpun alias harus sangat steril. 

Membutuhkan waktu yang lama untuk mempelajari Chanoyu ini sehingga tidak sembarang orang bisa menjadi seorang Chanoyu lho, beauties. Biasanya, teh yang disajikan adalah teh hijau yang memiliki manfaat bagi tubuh. Bagi tamu yang diundang pun harus mempelajari tata krama, kebiasaan, etika meminum teh dan menikmati makanan kecil yang disediakan.

Mengenal Tradisi Minum Teh "Chanoyu" yang Unik di Jepang
source: https://www.insidekyoto.com/kyoto-arts

Sejarah teh ini dimulai dari diperkenalkannya minuman teh di Jepang pada abad ke 9 oleh seorang biksu Budha dari Cina. Dari situlah, teh mulai dikenal oleh warga Jepang dan mulai menjadi kebudayaan Jepang.

Pada awal abad ke 9, seorang penulis Cina, Lu Yu menulis suatu catatan mengenai budaya minum teh dan langkah-langkah persiapan minum teh. Kehidupan Lu Yu ini sangat terpengaruh oleh agama Budha, terutama dari sekolah yang kemudian dikenal di Jepang sebagai Zen. Ide-idenya mempunyai pengaruh yang kuat terhadap perkembangan upacara minum teh di Jepang. Pada abad ke 12, jenis baru dari teh, yaitu matcha, mulai diperkenalkan. Teh yang terbuat dari bubuk teh hijau ini pertama kali digunakan dalam ritual keagamaan di biara Budha.

Mengenal Tradisi Minum Teh "Chanoyu" yang Unik di Jepang
source: https://www.japanhoppers.com/id/all_about_japan/culture/217/
baca juga

Abad ke 12, samurai-samurai mulai meminum teh ini, kemudian dasar-dasar upacara minum teh mulai dibuat. Pada abad ke 16, tradisi minum teh ini telah menyebar ke seluruh lapisan masyarakat di Jepang dan telah menjadi tradisi sampai sekarang.

Mengenal Tradisi Minum Teh "Chanoyu" yang Unik di Jepang
source: https://www.pexels.com/search/matcha/

Teh hijau menjadi bahan utama yang digunakan dalam Chanoyu. Kekhasan rasa dari teh hijau Jepang menjadikan teh ini salah satu minuman favorit bagi orang Jepang. Rasa uniknya berasal dari tingkat fermentasi rendah yang menjadikan teh ini sangat berbeda. ​​​​​​​

Teh hijau sendiri berasal dari daun teh yang dipetik kemudian dipanaskan dan diproses agar tidak mengalami fermentasi. Jenis teh hijau yang sering digunakan dalam upacara minum teh di Jepang adalah jenis Sencha dan Matcha. 

Mengenal Tradisi Minum Teh "Chanoyu" yang Unik di Jepang
source: https://id.pinterest.com/pin/375628425151121740/

Kandungan antioksidan alami dalam teh hijau membuat tubuh sehat dan lebih mampu melawan berbagai macam penyakit mulai dari infeksi bakteri atau virus untuk kondisi penyakit degeneratif kronis seperti, jantung, kanker, stroke, periodontal dan osteoporosis lho, beauties. Selain itu, manfaat teh hijau sangat baik untuk menambah energi tubuh serta detoks yang ampuh melawan serangan penyakit. 

Upacara minum teh dari Jepang ini memiliki beberapa makna dalam pelaksanannya yaitu, kebersamaan, sebagai tanda hormat, gambaran seni dan falsafah hidup, melatih kedisiplinan diri, dan konsep kesederhanaan.

baca juga
Mengenal Tradisi Minum Teh "Chanoyu" yang Unik di Jepang
source: https://www.freepik.com

Inti yang dapat diambil dari Chanoyu adalah tradisi yang menggambarkan bahwa "yang penting bukan ketika teh dihirup melainkan bagaimana proses membuatnya". Dalam proses pembuatan teh lalu menghidangkannya dengan aturan yang gemulai alami membuat kita teringat "diri", teringat alam, teringat perjalanan hidup, teringat darimana kita datang da ke arah mana kita pergi. Seperti sebuah harmoni, keseimbangan adalah "jalan hidup" yang setiap kali harus di rawat, ditata, dilatih dalam proses yang lembut

Wah, kaya akan makna banget kan beauties tradisi minum teh di Jepang ini. Tertarik untuk mencobanya?