Baking Soda

Baking Soda
source: https://id.m.wikihow.com/Menghilangkan-Bau-Sepatu

Baking soda tak hanya digunakan untuk membuat kue, namun juga bisa untuk menghilangkan bau sepatu. Cara menghilangkan bau sepatu dengan baking soda yaitu dengan tuangkan sedikit bubuk baking soda dalam sepatumu yang bau. Biarkan sepatu itu semalaman, dan buang bubuk baking sodanya di keesokan hari. Bisa juga dengan membuat kantung penghilang bau yang dapat digunakan berulang kali.

Caranya, gunakan kantong yang sudah tidak terpakai atau gunakan kaos kaki dan isi dengan dua sendok baking soda ikat agar tidak tumpah. Masukkan kantong penghilang bau tersebut ke dalam sepatu dan keluarkan pagi harinya. Bau tidak sedap itu akan lenyap!

Kopi Bubuk

Kopi Bubuk
source: https://www.pexels.com/photo/beans-brew-caffeine-coffee-2059/

Selain untuk diminum kopi juga sangat bermanfaat untuk menetralkan berbagai bau. Cara menghilangkan bau sepatu dengan kopi yaitu pastikan bahwa sepatu kamu dalam keadaan bersih dan kering sebelum memasukkan kopi ke dalamnya agar proses kopi untuk menetralisir menjadi maksimal. Taburkan kopi bubuk ke dalam sepatu diamkan semalaman dan buang kopi keesokan harinya. Kamu juga bisa menggunakan kaos kaki yang sudah tak terpakai dan isi dengan kopi bubuk, ikat, lalu letakkan di dalam sepatumu. Biarkan mereka semalaman dan bubuk kopi tersebut dapat menyerap bau tidak sedap dari sepatumu.

baca juga

Kantong Teh

Kantong Teh
source: https://kliksehat.co/cara-menghilangkan-bau-sepatu/

Teh celup dalam bentuk kantong merupakan salah satu cara mudah untuk menghilangkan bakteri dalam sepatu. Bau teh akan menyerap bau tidak sedap pada sepatu. Aroma khas dari teh akan membuat sepatu kembali bersih dan tidak mengeluarkan bau tidak sedap. Cara menghilangkan bau sepatu dengan teh ada dua cara yang bisa kamu lakukan. Pertama, yakni dengan cara memasukkan kantong teh celup ke dalam sepatu dan membiarkannya semalaman.

Jangan lupa untuk menaruh sepatu di tempat yang terbuka, agar sepatu tidak lembab. Kedua, letakkan teh celup pada air mendidih selama beberapa menit. Setelah itu tiriskan dan tunggu hingga kantong teh celup ini dingin sebelum diletakkan pada sepatu. Letakkan kantong teh selama semalam dalam sepatu dan bersihkan pada pagi harinya.  Kini sepatumu telah siap dipakai dan bau sudah hilang.

Kulit Jeruk

Kulit Jeruk
source: https://spiceee.net/id/articles/43755

Kulit jeruk juga dapat menyingkirkan bau sepatu. Hal ini disebabkan oleh banyaknya sifat anti-bakteri yang terdapat dalam kulit jeruk. Buah jeruk memiliki wangi dan aroma yang segar karena minyak esensialnya. Oleh karena itu, jeruk dapat mencegah perkembangbiakan bakteri dan membunuh bakteri yang hadir dalam sepatu. Bau jeruk yang kuat akan menyerap bau busuk di sepatu sekaligus menawarkan kesegaran di sepatu.

Cara menghilangkan bau sepatu dengan kulit jeruk sangatlah mudah, masukan kulit buah jeruk apapun, seperti lemon dan jeruk nipis yang masih segar ke dalam sepatu. Lalu tinggalkan semalaman di dalam sepatu sehingga kulit jeruk akan menyerap bau sepatu dan memberikan keharuman. Keesokan harinya sepatumu akan menjadi lebih wangi.

baca juga

Kertas Koran

Kertas Koran
source: https://www.pexels.com

Jika kamu punya koran bekas di rumah sebaiknya jangan langsung dibuang. Karena sampah koran bekas ini masih bisa kamu pakai untuk menghilangkan bau pada sepatu. Cara menghilangkan bau sepatu dengan koran cukup mudah, pastikan sepatumu dalam keadaan kering dan bersih, lalu siapkan koran secukupnya sekitar satu sampai dua lembar cukup untuk membungkus sepatu, bentuk bulatan-bulatan dengan koran tadi, lalu masukan ke dalam sepatu hingga memenuhi seluruh ruang pada bagian dalam sepatu.

Bungkus bagian luar sepatu dengan rapat dan rapi menggunakan koran. Terakhir, simpan sepatu yang sudah dibungkus tadi ditempat yang agak dingin selama semalam atau lebih sampai bau pada sepatu sudah terserap oleh koran pembungkusnya.