Saatnya Say NO pada Makanan dan Minuman Penyebab Asam Lambung Ini!

Ladies, penyakit lambung saat ini tidak hanya menyerang orang dewasa saja. Tak jarang banyak anak-anak muda sudah mulai merasa ada yang bermasalah dengan lambungnya. Jika kamu pernah atau seringkali merasakan panas pada bagian lambungmu dan ada perasaan ingin muntah, kemungkinan kamu memang bermasalah dengan refluks asam lambungmu.

eflusks asam lambung adalah suatu kondisi disaat asam lambung yang berlebih menjadi naik dari lambung ke tenggorokan. Penyebab asam lambung adalah dipicu oleh makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Yuk simak 5 makanan dan minuman yang dapat memicu refluks asam lambungmu.

Kopi dan Teh

Kopi dan Teh

Kita tentu sadar betul bahwa kopi mengandung kafein. Begitu pula dengan teh walaupun kadar kafeinnya memang lebih rendah. Kafein yang terdapat pada teh dan kopi bisa menyebabkan refluks asam lambung jika dikonsumsi secara berlebihan. Biasanya ini terjadi jika kamu mengkonsumsinya lebih dari segelas kopi/teh dalam sehari.

Untuk mengindari refluks asam lambung ini, kamu cukup kurangi konsumsi kopi/teh sehingga dalam sehari cukup konsumsi segelas. Atau jika kamu sering mengalami refluks secara kronis, mungkin kamu bisa menggantinya dengan mengkonsumsi teh herbal, sebab biasanya teh herbal tidak mengandung kafein.

baca juga

Cokelat

Cokelat

Cokelat dapat menyebabkan refluks karena sebenarnya cokelat juga mengandung kafein. Selain itu, cokelat juga mengandung lemak yang tinggi. Kafein dan lemak bisa memicu terjadinya asam lambung yang naik. Untuk itu, sebisa mungkin cobalah untuk berhenti mengkonsumsi cokelat atau cukup kurangi kuantitas konsumsi cokelat tersebut.

Susu Tinggi Lemak

Susu Tinggi Lemak

Susu juga mengandung lemak yang tinggi. Disamping susu, keju dan mentega sebenarnya juga mengandung lemak yang tingginya kurang lebih sama. Untuk itu, bagi kamu yang mulai merasa sudah terkena refluks asam lambung, bisa mencoba untuk mengurangi bahkan mungkin menghindari konsumsi makanan diatas. Jika berhenti mengkonsumsi rasanya terlalu ekstrim, kamu mungkin bisa mulai menggunakan susu, mentega dan keju yang rendah lemak atau low fat.

baca juga

Soda

Soda

Soda memang berbahaya bagi kamu yang memiliki refluks asam lambung. Soda atau minuman berkarbonasi dapat memicu peningkatan asam lambung secara berlebihan sehingga memicu terjadinya refluks asam lambung. So, mulai say no to soda ya Ladies.

Daging Tinggi Lemak

Daging Tinggi Lemak

Seperti yang sudah disebutkan tadi, lemak yang tinggi dapat memicu refluks asam lambung. Daging seperti daging sapi, babi dan domba cukup membahayakan bagi tubuh kamu sebab daging tersebut berada dan tertahan lebih lama di dalam lambungmu sehingga termasuk dalam makanan penyebab asam lambung. Hal tersebut tentu saja dapat memicu terjadinya refluks asam lambung. Mulai kurangi konsumsi daging tersebut menjadi cukup sekali dalam seminggu ya Ladies.