Bubuk Kayu Manis

Bubuk Kayu Manis
source: https://cdn1.medicalnewstoday.com/content/images/articles/318/318597/honey-and-cinnamon.png
Selain berfungsi untuk menambahkan cita rasa dalam masakanmu, kayu manis ternyata bisa menghilangkan komedo yang mengganggu lho. Kayu manis memiliki kandungan anti-bakteri yang dapat kamu gunakan pada kulit wajah untuk berbagai manfaat. Selain menghilangkan komedo, bubuk kayu manus juga bisa kamu jadikan eksfoliator agar wajahmu kembali cerah.

Untuk membuatnya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mencampurkan 1 sendok makan bubuk kayu manis dengan 2 sendok makan madu. Oleskan pada kulit wajahmu terutama pada daerah yang penuh dengan komedo. Berikan pijatan lembut selama 3-5 menit lalu bilas sampai bersih. Untuk hasil maksimal, oleskan masker ini sebanyak dua kali seminggu ya.

Lemon

Lemon
source: https://images.pexels.com/photos/1414110/pexels-photo-1414110.jpeg?auto=compress&cs=tinysrgb&dpr=1&w=500
Sebagai wanita yang sangat rajin menjaga kecantikan wajah, manfaat lemon mungkin sudah sangat santer terdengar. Selain mencerahkan dan mengusir jerawat, lemon juga bermanfaat untuk menghilangkan komedo dengan cepat lho, Ladies.

Satu buah lemon mengandung alpha-hydroxy acid (AHA) yang berfungsi sebagai zat alami untuk menghilangkan sel kulit mati. Hal ini menjadikannya sebagai bahan rumah yang sempurna untuk solusi pori-pori yang tersumbat. Selain itu, sifat antibakteri dan antimikroba lemon dapat melawan bakteri penyebab jerawat dan komedo. Lemon mampu mengurangi kelebihan minyak dan kotoran dalam pori-pori.

Untuk cara membuatnya cukup mudah kokKamu cukup ambil satu irisan lemon dan gosokkan ke area wajah yang penuh komedo selama 5 menit. Untuk jenis kulit sensitif, jangan lupa untuk menambahkan 1 sendok makan madu agar kulitmu tidak kering. Setelah itu biarkan selama 10 menit dan bilas sampai bersih.
baca juga

Kunyit

Kunyit
source: https://cdn.pixabay.com/photo/2018/03/22/19/21/turmeric-3251560__340.jpg
Sebagai salah satu rempah yang paling banyak digunakan untuk memasak, ternyata kunyit juga bermanfaat untuk mengusir komedo jahat. Kunyit mengandung sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang tinggi. Itulah mengapa kunyit sangat efektif dalam mencegah komedo dan jerawat. Selain itu, kunyit juga bermanfaat untuk menghilangkan minyak berlebih dan mengecilkan pori-pori.

Untuk cara membuatnya, kamu perlu membuat adonan kunyit yang sudah hancur. Tambahkan satu sendok madu dan campurkan keduanya di dalam mangkuk kecil. Oleskan pasta ini ke area yang penuh komedo lalu pijat selama 3 menit. Biarkan selama 10-15 menit dan ulangi perawatan ini 2-3 minggu untuk hasil maksimal.

Putih Telur

Putih Telur
source: https://amazingwellnessmag.com/.image/t_share/MTYwMzA0Nzc3Mzg3ODQ0NzQ2/egg-whites.jpg

Putih telur memang memiliki banyak manfaat bagi kulit. Dengan kandungan protein dan albumin, putih telur mampu mengembalikan kulit menjadi kencang dan bebas kerutan. Karena kemampuannya dalam mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori, kamu juga bisa menggunakan putih telur untuk menghilangkan komedo. Ini karena kandungan putih telur dapat mengeluarkan sebum dan kotoran yang ada di dalam pori-pori.

Cara membuatnya pun sangat mudah, kamu hanya perlu menyiapkan telur yang sudah dipisah dengan kuning telurnya. Setelah itu, oleskan ke bagian yang penuh dengan komedo lalu biarkan selama 15 menit. Selanjutnya kamu bisa membilasnya dengan air dingin.

baca juga

Aloe Vera Gel

Aloe Vera Gel
source: https://cdn.pixabay.com/photo/2017/03/21/19/38/aloe-2163120__340.jpg
Di deretan terakhir ada gel lidah buaya. Tanaman ini memang nggak ada habisnya memberikan seribu manfaat. Selain berfungsi meningkatkan pH kulit, lidah buaya juga mampu menghilangkan kotoran yang tersumbat dan juga komedo yang mengganggu, Ladies.

Ini dikarenakan lidah buaya mengandung asam salisilat yang memiliki sifat anti-inflamasi serta anti-bakteri. Keduanya mampu membunuh bakteri penyebab jerawat dan komedo. Tak hanya itu, lidah buaya juga mampu mengembalikan keremajaan kulit dengan berbagai kandungan vitamin A, C, dan E.

Kamu cukup mencampurkan 2 sendok makan gel lidah buaya, campurkan dengan air lemon dan oleskan pada wajah yang telah dibersihkan. Biarkan selama 20-30 menit lalu bilas dengan air dingin. 

Membuat masker komedo sendiri di rumah ternyata mudah, kan?