Chatuchak Weekend Market

Pasar ini dikenal juga dengan Jatujak atau JJ Market dan memang dikenal sebagai pasar terbesar di Thailand. Tidak hanya terbesar, pasar ini juga menjadi primadona tempat wisata belanja khususnya untuk kaum wanita. Seperti pasar tradisional pada umumnya, saat berbelanja di Chatuchak pelancong harus pandai menawar harga. Selain itu, kamu juga harus teliti memilih barang, dan sabar mencari barang di toko lain agar mendapatkan barang dan harga yang diinginkan.

Memudahkan para traveller berwisata belanja, pasar ini dikelompokkan menjadi 26 area. Area tersebut antara lain adalah area books and magazines, fashions, food, furniture, plants, pets, jewellery, paintings, dan lain-lain. Harga yang ditawarkan beragam tergantung bahan dan material setiap barang. Seperti magnet tempelan kulkas ditawarkan dengan harga 100 baht untuk empat buah atau sekitar Rp 40 ribu. Dompet ukuran kecil berbahan rajut dibandrol 100 baht untuk lima buah, aksesoris seperti gelang, kalung dan anting ditawarkan mulai 50 baht, sedangkan hiasan dinding, tas dan kaos ditawarkan masing-masing mulai dari 180 baht, 250 baht dan 200 baht tergantung ukuran dan bahan.

Chatuchak Weekend Market
source: http://www.bangkok.com/

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin belanja di Chatuchak Weekend Market. Kamu bisa datang saat pasar buka yaitu pagi hari mulai pukul 09.00 waktu setempat, siapkan peta pasar Chatuchak supaya tidak tersesat menjelajah pasar seluas 11 hektar ini, siapkan uang tunai karena kios di sini tidak menerima kartu kredit, dan yang terpenting saat menawar harga jangan cepat menyerah. Pasar ini terletak di belakang Chatuchak Park. Tempat wisata terdekat dengan Stasiun Chatuchak Park dan Stasiun BTS Mo Chit.  Bagi kamu yang menggunakan MRT, stasiun terdekat adalah stasiun Chatuchak Park. Sementara kamu yang memilih untuk membelah kota Bangkok dari atas dapat turun di stasiun BTS Mo Chit yang juga berada tepat di depan Chatuchak Park.

Khao San Road

Khao San Road
source: http://www.bangkok.com/area-khao-san-road/review.htm

Tempat wisata di Thailand yang wajib kamu kunjungi yaitu ke Khao San Road. Jalan pendek yang berada di daerah Banglamphu ini harus menempuh jarak sekitar 1 km sebelah utara dari Grand Palace dan Wat Phra Kaew. Jalan ini pun sudah menjadi tempat berkumpulnya para backpacker dari seluruh dunia. Daya tarik dari Khao San Road ini yaitu terdapat aneka penginapan murah, penginapan kelas menengah, bermacam restoran, tempat pijat, toko buku, toko tato, toko souvenir, dengan kata lain kawasan ini bertabur aneka fasilitas yang dibutuhkan oleh backpacker dan budget traveller dengan harga yang sangat murah.

Kamu juga harus menikmati suasana Khao San Road di malam hari. Tempat makan terdekat dan murah di kawasan ini, mulai ramai pengunjung sekitar jam 16.00 waktu setempat. Tidak hanya untuk berbelanja, Jalan Khao San juga menjadi sasaran bagi para pecinta kuliner. Di sini juga ada banyak kios yang menjual makanan atau camilan khas Bangkok.

baca juga

Pratunam Market

Pratunam Market
source: http://www.bangkok.com

Tempat wisata yang buka selama 24 jam ini, merupakan warisan budaya kota Bangkok. Dari gerobak dorong sampai kedai jahit yang berada di lorong kecil, Pratunam Market benar-benar menawarkan suasana shopping tradisional yang autentik. Walaupun banyak orang lebih menyukai mall modern, Pratunam Market sesungguhnya adalah harta tersembunyi yang wajib dikunjungi. Kamu bisa menemukan aneka jenis pakaian dengan harga yang cukup terjangkau dan masih bisa ditawar. Selain pakaian, disini juga menjual berbagai aksesoris, kerajinan tangan, serta barang lainnya yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Tempat wisata ini terletak di persimpangan dari Ratchaprarop and Petchburi roads menuju Ratchaprarop Soi 3.

Sukhumvit Road

Sukhumvit Road
source: http://www.bangkok.com/

Tempat wisata di Bangkok masih punya banyak pasar tradisional dan night market yang seru untuk dikunjungi, salah satunya Sukhumvit Road. Tidak jauh berbeda dengan Khao San Road, di sepanjang Sukhumvit Road banyak pedagang yang menjajakan makanan dan beraneka ragam cinderamata, seperti kerajinan tangan khas Thailand sampai beragam t-shirt ada disini.

Perbedaan antara Sukhumvit dan Khao San Road adalah peminatnya. Saat kamu berkunjung di Sukhumvit Road, tempat ini lebih banyak didatangi oleh pelancong asal Timur Tengah. Maka jangan heran jika kamu melihat banyak toko yang memasang aksara Arab. Kamu juga harus pintar menawar untuk mendapatkan barang dengan harga super murah. Tempat wisata ini berada di jalan yang membentang antara Phloen Chit sampai Asok. Tidak cuma pedagang kaki lima, di kawasan yang dilintasi jalur fly over KRL Bangkok Skytrain ini, juga ada banyak hotel, restoran, dan hiburan malam.

baca juga

Asiatique The Riverfront

Asiatique The Riverfront
source: https://m.bangkokpost.com

Tempat wisata ini adalah mall terbuka yang terletak di tepi Sungai Chao Phraya. Tempat makan terdekat dengan Mekhong bianglala terbesar di Bangkok, kawasan tersebut juga menghadirkan pertokoan yang menawarkan produk lokal murah meriah dan menggoda untuk berbelanja.

Kamu tidak perlu takut berbelanja di kawasan wisata ini. Pasalnya, barang-barang yang ditawarkan jauh lebih murah dari pasar tradisional. Kamu bisa mendapatkan 12 dompet kecil khas Thailand dengan harga 100 baht. Dengan harga yang sama di pasar tradisional hanya mendapat 11 dompet kecil. Barang lainnya seperti tas bunga-bunga khas Thailand yang dijual dengan harga 200 baht. Asiatique ada di Charoen Krung Road, Bangkok. Ada berbagai cara untuk menuju Asiatique, bisa dengan bus dengan berbagai nomor rute tujuan atau BTS dengan stasiun terdekat Saphan Taksin.