Potonglah Kuku Secara Teratur

Hal yang paling dasar untuk melakukan perawatan kuku adalah memotongnya secara teratur. Menggunting kuku secara rutin akan membuat kesehatan kuku terjaga serta terlihat bersih dan cantik. Setelah memotong kuku, cobalah untuk menghaluskan bagian ujung kuku dengan kikir agar kuku tidak tajam dan dapat melukai kulitmu. 

Jika kamu memelihara kuku yang panjang dan cantik, kamu tetap harus melakukan perawatan dengan memotongnya sedikit bagian ujung. Sangat dianjurkan untuk memotong kuku secara lurus lalu berikan lekukan membulat di bagian sudutnya agar tidak mudah patah, beauties.

Potonglah Kuku Secara Teratur
source: https://id.pinterest.com/pin/23010648078808883/

Jagalah Kuku Tetap Kering dan Bersih

Berbagai masalah pada kuku biasanya berawal dari kuman dan bakteri. Pastikan tidak ada ruang bagi sumber penyakit tersebut untuk berkembang biak, termasuk di balik kuku dengan cara mengeringkannya sesaat setelah terkena air atau setelah dicuci. Segera keringkan kuku, jangan biarkan basah dan lembab agar kuman tidak tumbuh pada kukumu, beauties.

Memastikan kulit di sekitar kuku terawat, bersih, dan bebas dari kotoran sangat perlu lho! Kamu bisa menggunakan bahan alami seperti garam. Merendam kuku pada air garam hangat akan menghasilkan kuku cantik yang halus. Selain itu, kamu dapat menggunakan garam untuk membersihkan kuku dengan menggunakan sikat gigi untuk menggosok kuku dan kulit disekitarnya.

Jagalah Kuku Tetap Kering dan Bersih
source: https://id.pinterest.com/pin/501658845963149257/
baca juga

Gunakan Minyak Zaitun Sebagai Pelembab

Ternyata minyak zaitun yang selalu menjadi primadona dalam perawatan alami kecantikan ini berfungsi juga untuk merawat kecantikan kuku, beauties. Kandungan minyak zaitun membantu memperkuat jaringan pada kuku sehinga mampu menjaga kesehatan kuku. Kamu dapat menggunakannya sebagai pelembab kuku agar tidak kering.

Cara perawatannya cukup mudah, yaitu dengan menghangatkan minyak zaitun lalu oleskan pada kuku menggunakan cuttonbath. Diamkan selama 15-20 menit, setelah selesai bilas menggunakan air hingga bersih. Mudah banget kan, beauties!

Gunakan Minyak Zaitun Sebagai Pelembab
source: https://www.pexels.com/photo/bowl-being-poured-with-yellow-liquid-33783/

Jangan Terlalu Sering Menggunakan Aseton

Aseton yang biasa digunakan untuk membersihkan kuku dari kuteks ternyata dapat membuat kuku menjadi rusak, beauties. Apabila terlalu sering menggunakannya kuku bisa mengalami retak kecil hingga retak permanen. Sebuah studi menemukan bahwa kuku yang rapuh jika dibersihkan menggunakan aseton akan menjadi bertambah rapuh. Wah, harus lebih hati-hati nih menggunakan pembersih kuteks yang satu ini.

Jangan Terlalu Sering Menggunakan Aseton
source: https://id.pinterest.com/pin/167618417366840779/
baca juga

Tidak Hanya dari Luar, Mulailah Perawatan Kuku dari Dalam

Kesehatan kuku sangat tergantung pada apa yang dikonsumsi dan bagaimana cara merawatnya lho, beauties. Jarang mengkonsumsi makanan yang sehat dan banyak mengandung vitamin serta mineral, akan membuat kuku mudah patah, mudah rusak, tidak mengkilap, kurang putih, serta rentan terkena penyakit. 

Tidak Hanya dari Luar, Mulailah Perawatan Kuku dari Dalam
source: https://www.pexels.com/photo/variety-of-food-on-wooden-coaster-793759/

Untuk merawatnya dari dalam, kamu bisa mulai dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang baik bagi kuku. Caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak kalsium, seperti yogurt, susu, keju, dan yang lainnya. Selain itu, mengkonsumsi sayuran yang banyak mengandung zat besi dan juga vitamin A juga sangat penting! Jangan lupa untuk mengkonsumsi buah-buahan karena kandungan berbagai vitamin di dalamnya sangat baik untuk kuku cantikmu, beauties.