Rambut keriting kelihatannya susah diatur untuk di beberapa style rambut. Tapi enggak akan sesulit kelihatannya kalau dasarnya sudah terawat. Yap, buat yang punya rambut keriting memang harus punya perawatan ekstra karena biasanya kering dan sering kusut. Perawatannya cukup simple. Rambut keriting biasanya butuh krim pelembab rambut yang mengandung minyak atau minyak murni seperti olive oil, argan oil, moroccan oil, jojoba oil, dan coconut oil.

Selain itu teknik menyisir juga gunakan sisir yang renggang ya sebelum keramas, dan untuk setelah keramas gunakan sisir yang lebih rapat supaya rambut terpisah-pisah. Perhatikan juga bagaimana cara mengeringkan rambut, gunakan bahan kaus bukan handuk supaya rambut enggak kusut. Buat yang punya rambut keriting atau ikal dan ingin membuat gaya rambut keritingnya tampak natural, begini caranya.


 1. Menutrisi dengan Minyak-minyakan 

Treatment ini biasanya dilakukan sebelum keramas. Caranya adalah dengan memberi minyak ke seluruh rambut dengan olive oil atau coconut oil dan didiamkan semalaman atau dua jam, sesuai dengan kebutuhan kamu. Kamu bisa juga pakai hair oil yang mengandung minyak-minyak yang bagus untuk rambut seperti argan oil atau moroccan oil.

Minyak-minyak itu menutrisi rambut sampai ke dalam dan membuat lembab plus mengkilaukan rambut. Rambut jadi lebih mudah diatur dengna style rambut apapun dan juga tentunya lebih sehat. Orang-orang India sangat bergantung dengan minyak-minyakan untuk perawatan rambut mereka. Makanya gaya rambut mereka panjang, tebal, dan berkilau berkat nutrisi dari minyak yang dipakai.
Gampang Kok!, Bikin Rambut Keriting Natural Tanpa Terlihat 'Lebay'
source: https://www.thebodyshop.com/
baca juga

2. Menggunakan Hydrating Shampoo 

Setelah dinutrisi dengan minyak, rambut harus dibersihkan. Jangan terlalu lama nggak dicuci, ya. Takutnya nanti bisa ketombean karena produksi minyak pada kulit kepala tentunya akan terus bertambah, kan.

Cari shampoo yang mengklaim kelemababan dan mengandung beberapa minyak yang bagus untuk rambut. Misalnya yang mengandung argan oil, olive oil, moroccan oil, jojoba oil. Jangan lupa juga hindari yang mengandung terlalu banyak SLES atau silicone dan paraben, ya. Kalau untuk rambut berketombe bisa pakai shampoo anti ketombe tapi cukup di kulit kepala aja, ya, rambutnya pakai shampoo yang melembabkan.

Psst, rambut keriting jangan keramas setiap hari, ya, karena akan membuat rambut menjadi kering apalagi kalau sering memakai berbagai produk style rambut.

Gampang Kok!, Bikin Rambut Keriting Natural Tanpa Terlihat 'Lebay'
source: https://www.sheamoisture.com/

 3. Jangan Lupakan Hair Mask  

Perawatan intens selanjutnya adalah menutrisi dengan hair mask. Hair mask tentunya bisa bikin rambut kamu lebih lembab lagi dan mudah banget diaturnya. Sama seperti memakai kondisioner tapi didiamkan lebih lama. Biasanya sekitar 5-10 menit biar meresap.

Tapi perlu diingat, pakai hair mask itu nggak tiap hari. Cukup 2 kali dalam satu minggu, ya, Ladies. Itu juga sudah cukup buat kamu  dengan gaya rambut keriting.
 
Gampang Kok!, Bikin Rambut Keriting Natural Tanpa Terlihat 'Lebay'
source: https://www.thebodyshop.com/
baca juga

4. Kunci dengan Kondisioner  

Fungsi kondisioner nggak cuma mengembalikan kelembaban rambut setelah dibersihkan dengan shampoo, lho. Kondisioner juga bisa mengunci kelembaban dan memaksimalkan dari perawatan hair mask sebelumnya. Jadi rambut kamu pun siap menerima style rambut yang kadang produknya mengandung bahan cukup keras.

Gampang Kok!, Bikin Rambut Keriting Natural Tanpa Terlihat 'Lebay'
source: https://economictimes.indiatimes.com/

5. Keringkan dengan Hair Dryer / Diffuser  

Tahap berikutnya adalah mengeringkan rambut. Karena rambut keriting lama keringnya jadi membutuhkan dryer terutama buat di bagian dalam biar nggak apek dan ketombean. Untuk gaya rambut dan style rambut keriting pakailah diffuser.

Untuk terlihat natural dan nggak bikin rambut rusak, setting udara menjadi cool atau warm, jangan panas-panas. Lalu ikal rambut sebelum dikeringkan dengan dryer. Cara ini bikin rambut keriting jadi natural.

Gampang Kok!, Bikin Rambut Keriting Natural Tanpa Terlihat 'Lebay'
source: https://curlsunderstood.com/

 6. Set dengan Leave-In Conditioner  

Nah, kalau ini adalah produk terakhir untuk melembabkan dan mudah diatur. Pakai leave-in conditioner sebelum dan setelah menyisir rambut. Nantinya proses sisir-menyisir dan style rambut jadi lebih mudah. Dipakai sebelum dan setelah mengeringkan rambut dengan hair dryer, ya, biar berkilau.

Gampang Kok!, Bikin Rambut Keriting Natural Tanpa Terlihat 'Lebay'
source: https://www.amazon.com/