Ngomong-ngomong soal kue tradisional Jawa, kali ini yuk coba bikin kue klepon! Siapa sih yang enggak tahu si bulat-bulat kecil yang manis ini? Kue tradisional khas Jawa ini biasanya bisa kamu temukan di acara keluarga atau di dalam dus snack acara-acara formal. Kue ini menjadi favorit karena rasanya yang lezat dan berbeda. Yuk segera simak bahan-bahan dan cara pembuatannya!
 

Resep Kue Tradisional Jawa ini Bisa Banget Kamu Coba di Rumah, Praktis!
source: https://id.theasianparent.com

Bahan-Bahan

  • Tepung beras ketan 250 g
  • Tepung beras 50 g
  • Air mineral 1350 ml
  • Daun pandan secukupnya
  • Garam 1 sdt
  • Kelapa buah, parut kemudian kukus
  • Gula merah secukupnya, sisir halus
  • Gula pasir 3 sdm
Bahan-Bahan
source: https://www.dictio.id
baca juga

Cara Membuat

  1. Siapkan wadah bersih untuk menguleni adonan.
  2. Daun pandan yang sudah dibersihkan kemudian blender dengan 200 ml untuk dijadikan pewarna alami. Sisihkan.
  3. Masukkan tepung beras ketan, tepung beras, dan garam. Aduk hingga tercampur sempurna.Tuang sedikit demi sedikit air pewarna, tuang sambil terus diaduk.Kemudian tuang sedikit demi sedikit air mineral 150 ml, tuang sambil terus diaduk. Jika adonan dirasa sudah cukup kental maka tidak perlu ditambahi air. Aduk hingga adonan hingga mencapai kekentalan yang pas untuk kemudian dibentuk dan diisi dengan gula merah.
  4. Ambil sedikit adonan, pipihkan, dan beri sedikit gula merah yang sudah disisir sebelumnya. Tidak usah terlalu banyak agar nanti ketika direbus tidak meluber keluar.
  5. Bentuk adonan menjadi bola-bola.
  6. Ulangi poin 6 dan 7 hingga adonan habis.
  7. Rebus 1 L air, tunggu hingga mendidih.
  8. Masukkan klepon yang sudah dibentuk. Tunggu hingga klepon mengapung.
  9. Sembari menunggu klepon matang, siapkan parutan kelapa. Campur parutan kelapa dengan gula pasir dan garam secukupnya. Sisihkan.
  10. Tiriskan klepon yang sudah mengapung. Lalu gulingkan atau taburi klepon dengan parutan kelapa.

Klepon siap disajikan. Lebih enak dimakan selagi masih hangat.

Cara Membuat

Nah, cukup mudah bukan resep kue tradisional Jawa ini? Tapi sekarang ini klepon tidak hanya berwarna hijau saja lho! Sudah banyak inovasi kue klepon lainnya, mulai dari yang berbahan dasar ubi ungu, rasa coklat dan lainnya. Harga kue klepon yang cukup murah, juga membuat orang terkadang malas untuk membuat kue klepon dan memilih untuk membelinya saja. Tapi, boleh banget dong sesekali mencoba membuat kue klepon ini. Cukup simple bukan cara pembuatan dan bahan-bahan yang diperlukan? Selamat mencoba!