1. Kopi
 


Bila kita mengkonsumsi kopi asli (bukan kopi instan) tentu menyisakan ampas. Sangat jarang ada yang mau mengkonsumsi ampas tersebut. Nah ,supaya tida terbuang percuma, ampas kopi ini bisa kita gunakan untuk scrub, lho! Campurkan saja dengan madu. Maka ramuan scrub ini akan dapat dapat menghaluskan kulitmu. Selain itu, madu juga dapat membantu mengatasi permasalahan kulit keringmu.

2. Gula


Bukan hanya manis di lidah, gula juga bisa digunakan untuk menambah manis wajah kita yang bebas kusam. Campurkan gula dengan cairan lemon yang sudah terkenal kaya vitamin C. Racikan ini dapat menutrisi kulit wajah dari luar.
 
3. Garam
 


Bahan selanjutnya adalah garam. Campurkan garam dengan lidah buaya. Kedua campuran bahan ini dipercaya dapat mencegah tumbuhnya jerawat. Racikan ini bukan hanya bisa dilakukan di wajah, namun juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat-jerawat di punggung maupun pundak. 

4. Beras
 

Beras yang ingin kita gunakan terlebih dahulu bisa dicuci kemudian ditumbuk. Tambahkan bubuk beras dengan mminyak zaitun. Perpaduan keduanya bermanfaat sebagai zat anti aging. 

5. Bubuk Kunyit
 


Untuk bahan yang satu ini memang sedikit rumit pengolahannya. Kunyit yang sudah diparut  harus diperas dan dibiarkan mengering terlebih dahulu. Akan tetapi jika kamu ingin simple, sudah ada kok kunyit-kunyit bubuk yang dijual di pasar-pasar tradisional. Cukup ditambahkan air dan menerapkannay di muka, kamu sudah bisa mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di permukaan kulit waja kamu. Jangan lupa setalah itu cuci muka yang bersih ya, supaya tidak meninggalkan noda kuning di wajah kita.

Itu tadi bahan-bahan alam dan aman yang bisa  kamu gunakan untuk scrub wajah kamu, Ladies. Jangan lupa sebelum dan sesudahnya bersihkan wajah terlebih dahulu ya saat kamu memakau scrub ini. Lakukan cukup seminggu sekali atau maksimal seminggu dua kali. Nah, pemilihan bahannya juga bisa disesuaikan dengan kondisi kulit kita. Selamat mencoba, ya!