Aloe Vera Gel

Aloe vera atau lidah buaya memang dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kulit. Salah satunya kamu dapat memanfaatkan lidah buaya untuk mengatasi jerawat batu karena kandungan antibakteri dan anti-inflamasi yang dimilikinya. Kamu bisa menggunakan gel yang diambil langsung dari tanaman lidah buaya atau bisa juga menggunakan produk aloe vera gel dari brand favoritmu.

Oleskan gel lidah buaya pada jerawat bandelmu dan biarkan semalaman. Gel lidah buaya efektif melawan jerawat yang merah dan meradang serta dapat membantu mencegah terbentuknya bekas jerawat.

Aloe Vera Gel
source: https://www.superalimentos.es/

Air Perasan Lemon

Mengandung antibakterial, air lemon dikenal efektif dalam membantu membunuh kuman penyebab jerawat membandel. Sifat asam pada lemon juga mampu mengurangi peradangan dan dapat membantu mengeringkan jerawat lebih cepat. 

Untuk mendapat hasil maksimal, campurkan air perasan lemon dengan air mawar yang juga mengandung antibakterial kemudian aplikasikan air campuran tersebut pada jerawat dengan bantuan kapas. Biarkan kurang lebih 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini selama beberapa hari agar proses penyembuhan jerawat batumu dapat berjalan lebih cepat.

Air Perasan Lemon
source: https://www.bioclarity.com/
baca juga

Madu Murni

Sebelum menggunakan madu sebagai spot treatment untuk jerawat batu di wajahmu, pastikan madu yang kamu gunakan adalah madu murni / raw honey yang berlabel unproceeded atau unfiltered dan bukan madu yang sudah diolah di pabrik. Madu mengandung antiseptik dan antibakterial yang baik untuk atasi jerawat.

Sama-sama bersifat antibakterial, kamu dapat mencampurkan madu dengan kayu manis bubuk atau oatmeal untuk hasil yang lebih efektif. Aplikasikan langsung pada jerawat lalu biarkan hingga semalaman. 

Madu Murni
source: https://www.chowhound.com/

Tree Tea Oil

Bagi pecinta skincare tentu sudah tak asing dengan tree tea oil. Minyak alami ini telah banyak dimanfaatkan untuk melawan jerawat membandel karena memiliki kandungan antibakteri dan anti-inflamasi. Sebelum menggunakannya, pastikan kamu memilih tree tea oil yang berlabel "100% pure" agar manfaat yang dimilikinya masih utuh.

Perlu diperhatikan juga bahwa kamu tak boleh menggunakan tree tea oil langsung ke kulit, melainkan harus dicampurkan dahulu bersama bahan lain agar tak justru menimbulkan iritasi. Kamu bisa mencampurkan beberapa tetes tree tea oil dengan gel lidah buaya atau madu lalu aplikasikan sebagai spot treatment pada jerawat.

Tree Tea Oil
source: https://s.kaskus.id/