Tokyo Camii & Turkish Cultural Centre adalah masjid terbesar di Jepang. Tempat ibadah tersebut terletak di dekat stasiun Yoyogi-uehara, di kawasan Shibuya.

Masjid ini mempunyai eksterior yang indah. Hal pertama yang akan kamu temui adalah pintu-pintunya yang dirancang sedemikian rupa dengan desain geometris khas arsitektur Islam. Pokoknya kalau kamu ke masjid ini bakalan senang dan betah.
Sederet Fakta dan Sejarah Masjid Tokyo Camii di Jepang, Tempat Syahrini dan Reino Barack Menikah
source: https://www.nippon.com/

Buat yang lagi wisata Jepang, masjid ini dibuka setiap Sabtu dan Minggu pukul14:30 tanpa dipungut biaya apapun! Kamu bakal dijelasin tentang Islam, masjid, dan Tokyo Camii itu sendiri. Tapi turnya pakai bahasa Jepang. Nah, lalu gimana sih sejarah terbangunnya masjid cantik ini?

Tokyo Camii, dalam bahasa Turki artinya Masjid Tokyo, dibangun pertama kali oleh komunitas Muslim Turi pada 1938 dan secara resmi diberi nama Tokyo Camii & Turkish Cultural Centre.

Masjid ini dibangun kembali oleh pemerintah Turki pada 1998 tanpa didanai oleh pemerintah Jepang alias pemerintahan Turki sendiri yang menanggung semua biayanya, lalu diresmikan di 2000.

Sebenarnya masjid ini kalau dibandingkan dengan masjid-masjid besar di Indonesia masih dibilang kecil, ya. Tapi keindahan dan keunikan arsitektur yang indah juga hawanya yang sejuk menjadikan masjid ini disukai banyak orang dan bahkan jadi tempat wisata juga.
Sederet Fakta dan Sejarah Masjid Tokyo Camii di Jepang, Tempat Syahrini dan Reino Barack Menikah
source: https://www.nippon.com/en/
Komite Hak Asasi Manusia untuk PBB mencatat Jepang melakukan pengawasan secara sistematis terhadap warga muslim dan masjid-masjid. Pengenalan terhadap Islam dimulai pada awal periode Meiji (1868-1890), saat misi perdagangan dan pertukaran informasi dilakukan dengan Kekaisaran Ottoman dan Timur Tengah. Muslim masuk ke Jepang untuk pertama kalinya saat pedagang dan pelaut muslim India dan Melayu bersandar di kota-kota pelabuhan Jepang seperti Yokohama dan Kobe.
baca juga

Tak hanya sebagai tempat ibadah, masjid tercantik di Jepang ini juga digunakan sebagai tempat untuk acara pernikahan, pertunjukan, pameran, peragaan busana, dan konferensi. Contohnya, baru baru ini Syahrini dan Reino Barack melangsungkan pernikahan di masjid tersebut. Sebelumnya, Maia Estianty juga mengucap janji suci di sana
Sederet Fakta dan Sejarah Masjid Tokyo Camii di Jepang, Tempat Syahrini dan Reino Barack Menikah
source: https://www.nippon.com/

Yuai International School juga menyelenggarakan kelas membaca Al Quran, sejarah islan, karatem dan kaligrafi. Sekolah ini dijalankan oleh Islamic of Japan (IJC), yaitu lembaga muslim yang berdiri pada 1966.