Apa Sih Sebenarnya Sunblock Itu?


Apa Sih Sebenarnya Sunblock Itu?
source: https://www.medicalnewstoday.com/articles/306838.php
Sunblock atau lebih akrab dsisebut dengan tabir surya merupakan kandungan anorganik yang fungsinya sebagai dinding antara kulit dengan paparan sinar matahari secara langsung. Jadi, sederhananya, bisa dikatakan bahwa sunblock atau tabir surya ini dipakai sebagai upaya untuk melindungi kulit dari bahaya radiasi yang dihasilkan sinar matahari.

Adapun permukaan kulit yang telah dilapisi dengan sunblock, secara otomatis akan terlindungi. Paparan sinar matahari akan terpantul sebelum mengenai kulit dan akhirnya, sinar UV akan terblokir dan tidak meresap ke kulit. Sinar UVA adalah penyebab penuaan dini sedangkan sinar UVB yang menyebabkan terbakarnya lapisan kulit luar tidak akan mengenai kulit.

Berbagai Variasi Sunblock untuk Berbagai Jenis Kulit


Berbagai Variasi Sunblock untuk Berbagai Jenis Kulit
source: https://www.medicalnewstoday.com/articles/306838.php

Tabir surya atau sunblock mempunyai berbagai macam bentuk atau varian berdasarkan cara penggunaannya bagi setiap jenis kulit. Adapun varian yang cocok berdasarkan jenis kulit adalah sebagai berikut:

  • Sunblock dalam bentuk lotion: diperuntukkan bagi  kulit normal bahkan berminyak. Adapun alasannya ialah karena  kandungan air dalam lotion lebih tinggi dibandingkan kandungan minyak yang bisa menghindari minyak berlebih pada kulit.
  • Sunblock dalam bentuk krim: diperuntukkan bagi kulit kering normal . Adapun alasannya karena krim memiliki kandungan lanolin dan minyak alami yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis sunblock lainnya.
  • Sunblock dalam bentuk gel: diperuntukkan bagi kulit berminyak bahkan berjerawat. Adapun alasannya ialah karena kandungan minyak pada sunblock dengan jenis gel lebih ringan jika dibandingkan dengan sun block dengan jenis lotion. Minyak yang berlebih tidak akan melekat pada kulit sehingga jerawat tidak akan muncul. 
  • Sunblock dalam bentuk spray: diperuntukkan bagi kulit berminyak. Tingginya kandungan air dalam sunblock jenis ini, membuat ia sangat cocok untuk dijadikan pilihan.
baca juga

Memilih Sunblock Wajah yang Bagus


Memilih Sunblock Wajah yang Bagus
source: https://www.hawaii.com/blog/reef-safe-sunscreen/
Pertanyaan ini memang seringkali diajukan oleh mereka yang ingin memilih produk sunblock terbaik. Nyatanya apapun merek sunblocknya, yang perlu diperhatikan adalah kandungan atau komposisi yang ada di dalamnya. Untuk itu, dianjurkan untuk memilih sunblock yang berbahan dasar anti oksidan dan  juga mengandung Zinx Oxide maupun Titanium oxide. Kedua kandungan ini memang sangat bermanfaat untuk melindungi kulit.

Jawaban “ Seberapa Penting Sunblock untuk Wajah?”


Jawaban “ Seberapa Penting Sunblock untuk Wajah?”
source: https://www.medicalnewstoday.com/articles/306838.php
Berdasar pada bahanya sinar matahari untuk kesehatan kulit termasuk bagian wajah, ladies tentu tau seberapa penting penggunaannya. Namun karena tidak terlihat langsung oleh mata apa yang sebenarnya terjadi di dalam kulit, maka seringkali dampak ini tidak begitu dihiraukan.

Untuk anjurannya sendiri, bahkan dr. Natasha Cook, seorang dermatologis asal Australia, menyarankan untuk mengenakan sunblock yang melindungi kulit terhadap sinar UVA dan UVB. UVA bisa menyebabkan penuaan kulit dan UVB bisa membuat kulit terbakar dan risiko kanker kulit.

Jika masih kurang yakin, maka saatnya ladies menyaksikan video yang sengaja dibuat oleh Thomas Leveritt di YouTube. Inti dari video tersebut adalah menunjukkan pentingnya proteksi terhadap sinar matahari lewat sebuah video.  Judul videonya adalah "How The Sun Sees You".
Sudah 18 juta lebih penonton yang menyaksikan video tersebut di bawah ini.
baca juga

Jelas sudah bahwa kerusakan seperti apa yang diakibatkan oleh matahari. Meski tak terliat oleh mata, jelas sinar matahari memberikan bintik penuaan yang membuat kerusakan pada kulit. Adanya freckles, pigmentasi, dan tanda penuaan lainnya akan terlihat dengan menggunakan kamera khusus. Bahkan dr Sofiah Lontoh SpKk juga menegaskan:
“Hampir semua masalah kulit seperti munculnya flek hitam, wajah kusam, dan proses penuaan yang lebih cepat adalah karena efek negatif dari paparan sinar matahari”.
source: https://lifestyle.okezone.com/read/2013/12/13/195/912138/seberapa-penting-sunblock-untuk-kulit-kita

Dari pernyataan dan penjelasan yang sudah dirangkum di atas tentu ladies sudah bisa menyimpulkan seberapa penting penggunaan sunblock bagi wajah. Bagaimana? Masih mau melewatkan pemakaian sunblock di rutinitas harianmu ladies?