Jerawat batu adalah jenis jerawat yang menyebabkan wajah menjadi kemerahan disertai benjolan lembut yang berisi nanah. Jerawat batu yang dalam istilah disebut dengan cystic acne merupakan jenis jerawat dengan tekstur benjolan yang di dalamnya berisi cairan di bawah permukaan kulit. Jerawat ini pada umumnya akan menyebabkan rasa sakit, gatal, dan ngilu ketika Kamu mengalaminya, Ladies. Terjadinya jerawat jenis ini, biasanya disebabkan oleh minyak dan sel kulit mati yang berada di dalam rambut halus di wajah mengalami infeksi atau pecah.

Sayangnya, jerawat ini tidak hanya timbul di daerah sekitar wajah, tetapi juga dapat menyebar di dada, punggung, lengan atas, dan bahu. Jerawat batu juga biasanya timbul di usia remaja atau sekitar usia 20 tahun. Biasanya, orang yang berusia lebih muda atau lebih tua juga bisa mengalami jerawat batu. Nah, berikut ini adalah jenis jerawat batu yang sering dialami oleh para wanita.
 

1. Jerawat Batu di Hidung
 Jerawat di wajah tentu sangat mengganggu penampilan. Apalagi jerawat pada hidung. Karena posisinya yang sangat mencolok, Kamu juga jadi susah menutupinya dengan make up. Jerawat batu di hidung sering kali terasa lebih menyakitkan. Tak hanya itu saja, biasanya jerawat di hidung sangat membandel dan susah hilang.
 
Jerawat batu di hidung, biasanya memiliki ukuran yang besar. Dibandingkan dengan jenis jerawat yang lainnya. Jerawat batu di hidung, sering terjadi jika keadaan wajah Kamu sangat kotor. Jenis jerawat ini lebih keras dan terasa sakit ketika di tekan. Biasanya jerawat batu berisi nanah. Jerawat Jerawat batu akan terlihat besar dan berwarna putih atau kekuningan.
 

Gengges Abis, Ini Ciri Jerawat Batu yang Perlu Kamu Tahu!
baca juga

2. Jerawat Batu Kecil
Jerawat batu kecil merupakan hal yang sering ditemui. Jerawat batu kecil sering terjadi di daerah jidat Kamu. Biasanya menyebar di seluruh permukaan wajah. Salah satunya dibagian jidat.
 
Salah satu faktor penyebab jerawat batu kecil adalah sering mengkonsumi makanan yang mengandung banyak minyak. Apalagi buat Kamu yang memiliki kulit wajah berminyak, harus hati-hati dengan jenis jerawat yang satu ini karena hanya tumbuh di kulit berminyak saja loh, Ladies
 
Jerawat yang ini bahkan lebih sulit lagi disembuhkan. Solusi paling mudahnya adalah dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Selain itu, Kamu juga harus tetap memperhatikan kebersihan dari wajahmu, Ladies.
 

Gengges Abis, Ini Ciri Jerawat Batu yang Perlu Kamu Tahu!