Ladies, semua orang pasti menginginkan punya tubuh yang sehat tapi tetap saja terkadang karena banyak faktor, kita harus merasakan sakit termasuk sakit tenggorokan. Yuk, cari tahu penyebab dan cara mengobati sakit tenggorokan karena sakit tenggorokan saat menelan tidak hanya disebabkan oleh radang tenggorokan. Ada beberapa penyakit lain yang dapat menimbulkan kondisi ini :

 

Tenggorokan Sakit Saat Menelan, Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya
source: http://mydoctor.com

Radang tenggorokan atau sore throat
Sakit tenggorokan saat menelan dapat disebabkan oleh radang. Peradangan ini bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, infeksi virus, atau reaksi alergi terhadap penyebab alergi (alergen) dari  lingkungan (polusi, asap rokok, debu, atau serbuk sari dari tanaman).

Penyakit asam lambung
Bagi Ladies yang memiliki masalah dengan asam lambung yang cukup kronis, kamu mungkin akan mengalami sakit atau kesulitan dalam menelan. Kondisi ini disebabkan oleh asam lambung yang mengalir naik kembali bahkan hingga ke esofagus (kerongkongan). Kemudian cairan lambung yang bersifat asam tersebut akan menimbulkan iritasi dinding esofagus, sehingga menyebabkan nyeri saat menelan.

Radang amandel
Radang amandel terjadi ketika ada infeksi pada amandel (dua kelenjar getah bening yang terletak di setiap sisi bagian belakangan tenggorokan).

Difteri
Difteri disebabkan oleh infeksi bakteri yang bisa berakibat serius, yaitu Corynebacterium diphtheriae. Racun dari bakteri difteri dapat memengaruhi selaput lendir hidung dan tenggorokan dengan membentuk selaput putih baru yang tebal di atas permukaan dalam hidung, tenggorokan, lidah, dan saluran pernapasan lain.
 

Tenggorokan Sakit Saat Menelan, Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya
source: http://kolesterol.com

Nah jika sakit tenggorokan yang kamu alami adalah sakit tenggorokan yang tidak parah maka cara mengatasinya adalah :

Minum teh lemon madu
Teh lemon dengan beberapa sendok madu juga baik untuk membantu memberi nyaman tenggorokan. Lemon dapat membantu memecah lendir dan air panas akan melemaskan otot tenggorokan. Sementara vitamin C dan madu akan meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan serangan bakteri dan virus penyebab radang.

Berkumur dengan air garam
Kumur-kumur dengan air hangat yang dilarutkan dengan garam dapat membantu membunuh bakteri penyebab radang.

baca juga
Tenggorokan Sakit Saat Menelan, Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya
source: http://klikdokter.com

Konsumsi bawang putih mentah
Bawang putih merupakan antibiotik dan obat anti-inflamasi alami. Jadi kunyahlah sebutir untuk mendapatkan khasiatnya. Tapi jangan lupa sikat gigi setelahnya agar tidak bau mulut, Ladies.

Minum banyak air mineral
Tubuh yang terhidrasi dengan baik merupakan syarat untuk melawan infeksi. Karena itu pastikan kebutuhan cairan selalu tercukupi dengan air mineral. Ingat, minum 8 gelas air per hari.

Jika sudah mengikuti cara diatas tapi tenggorokan yang sakit nggak kunjung membaik, lebih baik Ladies langsung periksakan ke dokter untuk diagnosa dan pengobatan yang lebih baik.