Tips Hubungan LDR Langgeng

1. Ketahui Jadwal Masing-Masing Terlebih Dahulu


source: healthclubfinder.org

Kita semua tahu, komunikasi adalah kunci. Kalau tidak ada lagi komunikasi yang sehat, alamat hubungan berujung pisah di tengah jalan. Jadi, ada baiknya sama-sama tahu apa jadwal masing-masing setiap hari lalu bisa disepakati waktu-waktu yang pas untuk bicara berdua. Misalnya, saat makan siang, menjelang tidur, atau waktu yang lainnya. Jangan sampai ketika menelepon ternyata malah yang di ujung sana sedang sibuk dengan kerjaan penting. Begitu pula sebaliknya, kamu tidak suka kalau pekerjaan penting yang butuh konsentrasi tiba-tiba disela, kan?
 

2. Selain Chatting atau Berbalas Pesan, Lakukan Juga Telepon atau Video Call


source: newatlas.com

Pesan dalam bentuk teks itu multitafsir. Meskipun sudah ada banyak stiker-stiker lucu dalam berbagai bentuk sekalipun, kamu tetap perlu saling bicara dengan mendengar suaranya langsung dan juga bertatap muka. Terima kasih teknologi! Dengan adanya fitur video call di berbagai platform, sekarang tidak ada alasan lagi untuk tidak ngobrol empat mata. Upayakan video call ini rutin dilakukan tapi tidak perlu sering-sering, misalnya seminggu sekali waktu sama-sama berakhir pekan.
 

baca juga

3. Kirim Surat/Kartu Pos


source: notonthehighstreet.com

Biar makin seru, mulailah saling berkirim surat. Sambil bernostalgia mengenang masa-masa orang-orang dulu yang begitu susah berkomunikasi jarak jauh, kamu sekaligus melestarikan budaya surat-menyurat! Ingat perasaan ketika kamu girang mendengar suara ‘paket’ datang? Kira-kira akan seperti itulah begitu nanti ketika pak pos datang. Bahagia!

Selain surat, saling kirim kartu pos juga tidak kalah menyenangkan. Apalagi, kamu bisa bikin kartu posnya sendiri. Jadi, pakai foto menarik di sekitar tempat tinggal masing-masing pada kartu pos sehingga kamu berdua bisa saling tahu kondisi terkini kota masing-masing.
 

4. Foto LDR


source: Instagram/halfhalftravel
source: Instagram/halfhalftravel

Nah, buat kamu yang orangnya ‘media sosial’ banget, cara kekinian ini pasti seru. Lagi marak, kamu bisa ikuti tren foto pasangan beda tempat dengan sentuhan editing seperti ini. Jadi, masing-masing bisa berfoto di mana saja lalu kedua foto itu digabung jadi satu hingga menyatu dengan simetris. Perjuangan LDR pun makin berkesan.
 

baca juga

5. Hindari Berdalih ‘Tidak Ingin Membuat Kamu Khawatir’ Saat Ada Masalah


source: dramabeans.com

Terkesan baik, tapi pemikiran ‘tidak ingin membuat kamu khawatir’ ini bisa membuat hubungan justru jadi renggang, terlebih pada masalah-masalah besar seperti sakit hingga masuk rumah sakit, kabar meninggalnya karib kerabat, kehilangan pekerjaan, dan yang lainnya. Kenapa? Soalnya, bisa jadi pasangan berbalik merasa dianggap orang yang tidak penting karena tidak kamu libatkan dalam urusan-urusan penting. Jadi, jangan lupa, kabar-kabari kalau memang ada hal yang penting.
 

6. Saling Mengunjungi Satu Sama Lain


source: lonelyplanet.com

Lebih dari apapun, bertatap muka secara fisik itu tetap perlu. Upayakan saling berkunjung ke kota tempat tinggal masing-masing. Kamu bisa menciptakan quality time saat bersama. Rutinitas mengantar dan menjemput pasangan di stasiun atau bandara ini dijamin akan meninggalkan kesan yang dalam buat memperkuat hubungan. Jika memang ada waktu, sebulan sekali, dua bulan sekali, atau tiga bulan sekali, pasti menyenangkan saat bertemu.

Nah, itulah tadi sedikit tips menjalani hubungan LDR, Ladies! Semoga hubungan kamu dengan pasangan bisa langgeng ya setelah mengetahui tips ini!