Hernia adalah sebuah kondisi dimana adanya kelemahan atau kelainan pada otot sehingga organ tubuh tidak terangsang secara benar. Hernia ini biasa disebut dengan turun berok. Nah, biasanya penyakit ini sering ditemui pada wanita.

Tanda-tanda penyakit Hernia ini sendiri adanya munculnya tonjolan pada area pusar, Ladies. Selain itu muncul rasa berat dan tidak nyaman di area perut, terutama saat membungkuk, konstipasi, dan ukuran benjolan semakin membesar seiring waktu.

Oleh karena itu, jika kamu memiliki tonjolan di daerah pusar, selangkangan, atau paha atas, sebaiknya periksakan ke dokter, untukmemastikan  apakah itu penyakit Hernia atau bukan. Namun, sebenarnya, penyakit Hernia ini bisa dicegah dan di obati sedari dinni. Ini dia beberapa cara mencegah dan mengobati penyakit Hernia.
 
source:http://vkool.com

Cara Mencegah Penyakit Hernia
  • Yang pertama adalah berhenti merokok, karena rokok akan memicu batuk kronis yang dapat menyebabkan hernia.
  • Kedua, menjaga berat badan yang ideal. Dengan berolahraga secara teratur.
  • Selanjutnya, kamu harus mengkonsumsi makanan yang mengandung serat seperti sayuran, buah, dan biji-bijian untuk menghindari konstipasi.
  • Lalu, hindari mengangkat beban berlebihan atau di luar kemampuan nih, Ladies.
  • Terakhir, kamu harus konsultasi ke dokter jika mengalami batuk atau bersih yang berlangsung terus menerus.

Solusi pengobatan penyakit Hernia memang jalan satu-satunya harus konsultasi ke dokter. Kamu akan lebih mengetahui dengan pasti kondisi kamu saat ini. Namun, apabila kamu sudah terlanjur terkena penyakit Hernia cara yang akan di lakukan dokter untuk menyembuhkan penyakit Hernia adalah sebagai berikut :
  • Terapi Obat. Di sini dokter akan memberikan beberap jenis obat untuk mengobati hernia kamu. Contohnya saja anasida,antagonis reseptor H-2, dan penghambat pompa proton. Obat ini hanya akan di dapatkan melalui resep dokter ya Ladies.
  • Operasi. Jika kamu sudah mengalami Hernia yang parah, biasanya dokter akan melakukan operasi. Operasi merupakan langkah utama yang dilakukan oleh dokter dalam mengobati Hernia. Nah, operasi ini ada 2 cara yang dilakukan, yaitu :
    • Operasi terbuka, yang dimana ini terdiri dari beberapa pilihan tindakan yang dilakukan dokter selama operasi turun berok.
      • Herniotomi, dimana dokter melakukan sayatan pada dinding perut yang kemudia mendorong kembali Hernia agar masuk kembali ke dalam rongga perut dan membuangnya ke kantung Hernia
      • Selanjutnya ada Herniorafi, operasi ini dokter akan menjahit area keluarnya hernia untuk memperkuat dinding perut
      • Hernioplasti, ini merupakan tindakan yang dilakukan ketika lubang tempat keluarnya Hernia cukup besar. Kemudian dokter akan menutup lubang tersebut menggunakan jaring sintetis (mesh) sehingga Hernia tidak kambul kembali.
    • Laparoskopi (operasi lubang kunci), yang berikut ini adalah prosedur penanganan hernia yang dilakukan dengan membuat sayatan kecil  di dinding perut. Dalam operasi ini dokter akan menggunakan laparoskop dan alat operasi lainnya untuk menjalankan operasi hernia. Laparoskop ini adalah alat yang berbentuk tabung tipis dan dilengkapi kamera dan cahaya di bagian ujungnya.
Maka dari itu Ladies, menjaga kesehatan sangatlah penting. Sebaiknya, kamu mencegah Hernia sedari sekarang dengan menjaga pola makan yang teratur serta istirahat yang cukup demi kesehatanmu. Selalu jaga kesehatanmu ya, Ladies!