Beberapa waktu lalu kita dikejutkan dengan berita mantan ibu negara kita yaitu Ani Yudhoyono di diagnosis menderita kanker darah. Pihak keluarga merasa terkejut mengetahui bahwa ibu Ani Yudhoyono terkena kanker darah setelah melakukan pemeriksaan darah. Menurut penuturan sang putra Agus Harimurti Yudhoyono, sang ibu tidak menunjukan gejala yang spesifik namun ternyata jenis kanker yang diderita cukup agresif.

Lalu sebenarnya apakah kanker darah itu dan bagaimana gejala yang timbul dari seseorang yang menderita kanker darah ?

Apa Sih Kanker Darah Itu ?

Kanker darah adalah sebuah kanker yang mempengaruhi produksi serta fungsi sel darah, sebagian besar kanker darah bermula dari sumsum tulang belakang tempat darah direproduksi. Banyak orang kanker darah hanyalah leukemia, namun selain leukemia ada jenis kanker darah lainnya yaitu Limfoma dan Myeloma. Setiap jenis kanker darah terbentuk di bagian yang berbeda.

Misalnya saja untuk kanker darah leukemia terjadi karena yang menghentikan sel darah putih dalam melawan infeksi. Kanker darah limfoma berkembang pada limfosit yang merupakan bagian dari sel darah putih yang bertugas untuk melawan infeksi. Sedangkan jenis yang terakhir Myeloma adalah kanker darah yang terbentuk oleh sel plasma ganas

Apa Sih Kanker Darah Itu ?
source: https://hellosehat.com/penyakit/kanker-darah/
baca juga

Gejala Kanker Darah


Setiap jenis kanker terbentuk dari tempat yang berbeda, maka membuat gejala yang timbul pun akan berbeda setiap jenis. 

Kanker Darah Laukemia
Gejala paling umum dari jenis kanker ini adalah anemia. Kemudia diikuti dengan gejala lainnya seperti darah sukar membeku, sering mengalami perdarahan seperti mimisan, gusi berdarah, atau memar. Lalu diikuti rentan terkena infeksi, nyeri pada persendiannya atau di bagian tulang belakang, sakit kepala yang intens dan gejala lainnya.

a.
Gejala Kanker Darah
source: https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/bad-mood-saat-haid/

Kanker Darah Limfoma
Gejala untuk jenis kanker ini adalah adanya tonjolan di bawah kulit, demam dan menggigil, batuk yang tak kunjung sembuh dan membaik, sesak napas dan nyeri di dada, gatal-gatal di seluruh tubuh, muncul darah dalam tinja atau muntah, haid dengan volume darah yang berlebihan.

Kanker Darah Myeloma
Seperti Leukemia, kanker darah jenis Myeloma membuat penderita mengalami anemia yang diikuti dengan gejala sering mengalami perdarahan dan memar, gangguan tulang dan kalsium sehingga menyebabkan tulang mudah patah, rentan mengalami infeksi, gangguan atau kerusakan ginjal dan gejala lainny

Gejala Kanker Darah
source: https://obatpenyakit.id/gejala-penyakit-kanker-darah/gejala-penyakit-kanker-darah/

Jika ladies memiliki gejala seperti diatas, alangkah lebih baiknya jika ladies memeriksakan diri ke dokter untuk tindakan lebih lanjut. Terlebih lagi jika ladies memiliki riwayat keluarga yang menderita kanker darah. Jadi, jangan lupa untuk cek kesehatan ya ladies.

Sumber : Hellosehat.com