Beautynesian, hamper setiap orang merasa risih dengan timbulnya  komedo. Selain mengurangi rasa percaya diri, komedo juga membuat penampilan kita kurang sempurna. Munculnya komedo bisa dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya adalah debu yang menumpuk pada kulit wajah yang tidak langsung dibersihkan.

Cara membasminya pun beragam lho, tergantung dari jenis komedo tersebut. Ada dua jenis komedo yang sering membandel pada wajah, yaitu komedo hitam dan komedo putih. Mau tahu bedanya? Yuk simak
 

Punya Komedo Membandel? Begini Cara Mengatasinya!


 

Komedo Hitam

Komedo hitam atau biasa disebut blackheads merupakan komedo yang paling sering terlihat pada permukaan kulit, karena warnanya yang mencolok dengan bintik-bintik hitam pada wajah. Karena kemunculannya ini, tak jarang kita merasa rishi karena mengganggu penampilan.

Komedo ini cenderung sulit untuk disingkirkan karena memiliki bentuk yang lebih keras dari komedo putih, selain mengganggu penampilan, komedo ini juga membuat kulit wajah menjadi kasar karena bintik-bintik hitamnya yang kasar.

Banyak cara untuk menghindari munculnya komedo hitam ini, salah satunya adalah dengan cara rutin mencuci wajah ketika selesai beraktivitas diluar ruangan, kemudian bersihkan sisa-sisa make up yang menempel pada wajah agar kulit kembali bersih dan segar seperti semula. Selain faktor luar, ternyata faktor hormon juga mempengaruhi kemunculan komedo hitan ini lho.

Komedo Hitam


 

baca juga

Komedo Putih

Komedo putih sering juga disebut dengan nama whiteheads. Komedo ini biasanya berwarna putih menonjol pada bagian wajah, walaupun berwarna putih, komedo ini juga sangat mengganggu penampilan lho. Karena membuat kulit wajah terasa kasasr akibat adanya komedo ini.

Salah satu penyebab munculnya komedo putih adalah karena penumpukan minyak dann sel kulit mati. Selain itu, pemilihan produk kosmetik juga bisa mempengaruhi lho. Sama dengan komedo hitam, komedo putih juga bisa kmau hindari dengan rutin membersihkan wajah agar minyak dan kotoran tidak menumpuk, namun jangan terlalu sering mencuci wajah juga karena akan berpotensi menimbulkan komedo putih.

Selain faktor luar, ternyata komedo putih juga bisa muncul akibat konsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi, seperti susu. Untuk itu ladies, kamu juga harus menjaga konsumsi makanan sehari-hari ya. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, kamu juga bisa membantu kesehatan kulit wajah.

Komedo Putih