Komedo adalah sejenis jerawat namun tergolong jerawat yang ringan. Komedo muncul akibat dari minyak yang diproduksi di wajah bercampur dengan bakteri. Komedo terbagi menjadi dua berdasarkan letaknya yang terbuka dan tertutup yaitu komedo hitam dan komedo putih. Nah, komedo terbuka menyebabkan komedo terpapar udara dan membuat warnanya menjadi hitam. Sedangkan sodaranya, ya si whitehead alias komedo putih. Karena terletak di bawah permukaan kulit, komedo jenis ini memiliki warna putih.

Komedo biasanya dihilangkan dengan menggunakan 2 metode peeling, yaitu chemical peeling dan phisical peeling.

Phisical peeling memberikan hasil instan antara sebelum dan sesudah kamu membersihkan komedo. Namun sayangnya metode ini kerap menimbulkan rasa sakit. Contoh metode phisical peeling adalah menggunakan plester komedo.
Sumber gambar : www.instagram.com/starskinbeauty

Sedangkan chemical peeling dilakukan dengan bantuan eksfoliasi toner. Eksfoliasi adalah sebuah tindakan membersihkan sel-sel kulit mati yang ada di kulit kamu. Eksfoliasi toner menggunakan bantuan acid seperti AHA, BHA dan PHA. AHA digunakan untuk membersihkan komedo putih alias white head. Kalau BHA bermanfaat untuk menghilangkan komedo hitam atau black head. Sedangkan PHA cocok untuk pemilik kulit sensitif.
Salah satu produk yang mengandung BHA, bermanfaat untuk menghilangkan blackhead. Sumber gambar www.instagram.com/cosrx.indonesia

Tapi tahu nggak sih Ladies penyebab komedo di hidung atau penyebab komedo di wajah? Karena mencegah lebih baik dari pada mengatasi simak yuk simak beberapa faktor yang menyebabkannya komedo di bawah ini.

1. Kamu Banyak Memproduksi Keringat
 

Ada baiknya kamu membawa produk pembersih sebagai pertolongan pertama seperti micellar water yang sangat praktis digunakan saat harus berkegiatan yang berpotensi menimbulkan banyak keringat, contohnya saat nge-gym.
 

2. Ada penumpukan bakteri Propionibacterium acnes di kulit kamu

Jangan lupa segera bersihkan wajahmu dari kotoran agar bakteri nggak sempat berkembang di sana ya ladies!

2. Ada penumpukan bakteri Propionibacterium acnes di kulit kamu
source: https://www.pixabay.com
baca juga

3. Folikel rambut mengalami iritasi

Ternyata folikel rambut yang mengalami iritasi bisa banget menjadi penyebab komedo ya Girls!

3. Folikel rambut mengalami iritasi
source: https://www.pixabay.com

4. Mengalami Perubahan Hormon


Perubahan hormon yang terjadi di tubuhnya bisa menjadi salah satu penyebab komedo muncul di wajahmu. Peningkatan produksi minyak yang sering terjadi pada usia remaja dan saat mengalami siklus bulanan.
4. Mengalami Perubahan Hormon
source: https://www.pixabay.com
baca juga

5. Kamu Mengkonsumsi Jenis Obat-obatan Tertentu

Beberapa jenis obat yang menyebabkan komedo adalah steroid, lithium atau pil KB.

5. Kamu Mengkonsumsi Jenis Obat-obatan Tertentu
source: https://www.pixabay.com

Karena sudah mengenali pemicunya, jangan lupa jaga kebersihan wajahmu ya Ladies!