Catokan rambut seakan sudah menjadi sahabat wanita. Tak hanya bagi wanita berambut ikal atau keriting, tapi juga wanita berambut lurus. Namun, catokan rambut sering juga membawa masalah bagi kesehatan rambut. Bisa menyebabkan rambut kering, rambut bercabang dan rambut rusak. 

Lalu bagaimana cara mencatok sekaligus merawat rambut yang sering dicatok untuk menghindari kerusakan? Simak tipsnya berikut ini. 

Memilih Jenis Catokan

catokan rambut
Source: http://www.reviews.com/

Catokan yang bagus bisa menjadi investasi yang baik untuk penampilan. Untuk itu, sebelum memilih catokan, perhatikan dulu kebutuhanmu. Jika ingin catokan multifungsi yang juga bisa berfungsi sebagai pengeriting rambut, pilih yang bentuknya lebih lengkung dan tidak kaku. Untuk hasil rambut yang lebih lurus dan sleek, pilih bentuk yang lebih kaku dengan sudut-sudut tajam.

Semakin lebar permukaan plates catokan, proses mencatok rambut juga jadi semakin cepat. Karena menghantarkan panas lebih luas serta lebih banyak menangkap rambut dalam sekali capit. Namun jika jenis rambut kamu tipis dengan batang rambut yang halus, pilih plates yang tak terlalu lebar, untuk hasil rambut yang tidak terlihat lepek dan lebih sehat.
 

baca juga

Lamanya Mencatok Rambut

durasi mencatok
Source: http://www.smarthomekeeping.com/

Kesalahan fatal yang sering dilakukan semua perempuan adalah membiarkan catok menempel terlalu lama pada rambut. Padahal ini justru akan mengakibatkan rambut kepanasan hingga menjadi rusak dan bercabang. Durasi yang tepat untuk mencatok rambut hanyalah delapan hingga 10 detik saja, lho. Tidak lebih. 

 

Cara yang Benar Mencatok Rambut

cara yang benar mencatok rambut
Source: http://www.herstyler.com/

Sebelum mencatok, penting untuk memberi perlindungan terhadap rambut untuk mencegahnya dari kerusakan akibat panas catokan. Bagi rambut menjadi beberapa bagian kecil-kecil, dan catok sedikit demi sedikit. Tarik bagian atas rambut dan mulailah dengan rambut yang berada di bagian bawah. Jangan mencatok rambut dengan mengambil bagian rambut secara acak karena akan membuat proses meluruskan rambut tidak sama tingkat kelurusannya.
 

baca juga

Suhu Catokan yang Disarankan

mencatok rambut
Source: http://www.today.com/

Jika punya rambut yang diwarnai atau berada dalam kondisi rapuh, sebaiknya gunakan suhu rendah (maksimal 180 derajat celsius), yang akan menghindarkan rambut jadi semakin rusak dan rapuh. Sedangkan jika rambutmu tebal dan sehat, tak masalah menggunakan suhu lebih panas seperti 190 hingga 200 derajat celsius. 
 

Produk Hair Care yang Diperlukan

vitamin rambut
Source: http://www.allure.com/

Untuk merawat rambut yang sering dicatok, diperlukan beberapa produk perawatan rambut untuk mencegah rambut  dari kerusakan. Salah satunya dengan mengaplikasikan vitamin pada rambut sebelum mencatoknya. Adapun beberapa merek vitamin rambut yang menjadi andalan banyak wanita adalah Ellips Hair Vitamin, Makarizo Hair Energy, atau Matrix Hair Vitamin. Selain itu, terapkan juga serum dan tonik rambut untuk menjaga kelembapan dan kekuatan akar rambut, ya.