1. Mandi Malam dengan Air Hangat sangat Dianjurkan

Pada malam hari, suhu udara cenderung turun meskipun bukan sedang musim hujan. Jika ingin mandi malam, sebaiknya gunakan air hangat. Karena menggunakan air dingin dikhawatirkan akan berdampak buruk, seperti terkena masuk angin.

Apalagi jika baru saja kembali dari bepergian saat suhu tubuh masih tinggi. Mandi dengan air dingin dengan suhu rendah akan menimbulkan masalah. Maka menggunakan air hangat adalah solusi yang tepat bagi yang suka mandi pada malam hari.

1. Mandi Malam dengan Air Hangat sangat Dianjurkan
source: https://www.pexels.com

2. Rilekskan Tubuh Sebelum Mandi Malam

Saat selesai dari aktivitas, pasti rasanya ingin segera mandi agar badan lekas segar. Nyatanya, buru-buru mandi setelah badan berhenti bekerja justru akan membuat pembuluh darah tiba-tiba menyempit. Maka dari itu sepulang dari bekerja, lebih baik untuk mendiamkan tubuh beberapa saat dulu. Hal ini bertujuan agar suhu tubuh stabil, enggak terlalu tinggi saat harus bersentuhan dengan air.

2. Rilekskan Tubuh Sebelum Mandi Malam
source: https://www.freepik.com
baca juga

3. Mitos tentang Rematik dan Paru-Paru Basah

Sejauh ini belum ada fakta ilmiah yang menyebutkan bahwa mandi malam menyebabkan rematik. Karena rematik yang merupakan gangguan pada persendian bisa disebabkan karena kurang gerak dan berolahraga. Rematik merupakan penyakit yang menyerang persendian dan anggota gerak, seperti sendi otot dan tulang belakang yang menimbulkan rasa nyeri dan kaku.

3. Mitos tentang Rematik dan Paru-Paru Basah
source: https://www.freepik.com

Hal sama juga terjadi pada penyakit paru-paru basah. Sampai saat ini belum ada alasan medis yang menyebutkan bahwa mandi malam mengakibatkan paru-paru basah. Penyakit ini memang muncul karena adanya cairan di dalam paru-paru. Namun cairan tersebut enggak selamanya disebabkan karena mandi malam. Bahkan mandi malam juga belum ada yang menyebutkan bahaya bagi kesehatan kulit.
 

4. Banyak Manfaat dari Mandi Malam

Di balik semua pemahaman yang keliru tentang mandi malam, ternyata banyak juga manfaat mandi malam. Salah satunya adalah mencegah insomnia atau gangguan sulit tidur. Dengan mandi, tubuh akan menjadi lebih segar dan menjadi cukup nyaman dan siap untuk beristirahat. Mandi malam juga bisa meminimalisir rasa terlalu lelah dan stres akibat pekerjaan. Sehingga dengan mandi malam, otot dan otak akan lebih rileks. Kesehatan tubuh juga akan kembali segar.