Hindari Terkena Sinar Matahari Langsung

Hindari Terkena Sinar Matahari Langsung
source: https://cdn2.hercampus.com/hero-images/2018/04/27/sunscreen.jpg

Ladies, kamu pasti tahu dong salah satu faktor yang dapat menyebabkan penuaan dini adalah dampak sinar UV.  Enggak tangung-tanggung, sinar ultraviolet UVA dan UVB matahari berdampak sekitar 90% dari tanda-tanda penuaan dini. 

Sinar UV memecah elastin, jaringan yang memberikan elastisitas pada kulit. Hal ini mengakibatkan kulitmu menjadi kusam dan kendur. Tak hanya itu, sinar UV juga menyebabkan kerutan, dan flek hitam yang tidak merata. Kerusakan mungkin tidak terlihat selama bertahun-tahun, jadi pencegahan dini sangat penting.

Aktif Setiap Hari

Aktif Setiap Hari
source: https://lmimirror3pvr.azureedge.net/static/media/6796/6159f377-cf55-406c-8709-e065657ccfdb/gr_20-hiit-it-960x540.jpg

Tak hanya melindungi diri dari luar, tapi pastikan juga lindungi dirimu dari dalam, Ladies. Cara terampuh yang bisa kamu lakukan adalah dengan selalu aktif seharian. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa olahraga berat, khususnya pelatihan HIIT (high intensity interval training), dapat memperlambat penuaan hampir satu dekade pada sel! 

Olahraga juga dapat meningkatkan aliran darah, memindahkan oksigen dan menutrisi sel-sel yang berfungsi di dalam tubuh - termasuk kulit - mempromosikan penampilan yang lebih muda.

baca juga

Kurangi Makanan Olahan

Kurangi Makanan Olahan
source: https://data.whicdn.com/images/325439898/original.jpg?t=1547761928

Ladies, salah satu musuh yang paling sulit dilawan adalah makanan olahan atau process food. Makanan ini dinilai sebagai makanan yang hanya memiliki kalori tanpa ada satupun nutrisi di dalamnya. Semua makanan olahan tidak memiliki enzim yang diperlukan untuk pencernaan.

Nah, salah satu alasan mengapa kamu harus mengurangi makanan olahan adalah untuk melindungi organ hati. Bahan kimia yang menumpuk pada organ hati akan membuat kulitmu tampak kusam dan tak bercahaya. Tak hanya itu, makanan olahan juga terbukti dapat meningkatkan risiko depresi loh, Ladies!

Hindari Asap Rokok dan Alkohol

Hindari Asap Rokok dan Alkohol
source: https://images.agoramedia.com/everydayhealth/gcms/Just-1-Cigarette-a-Day-Can-Be-Deadly-1440x810.jpg?width=722
Sedikit sulit memang tidak berada dalam satu ruangan dengan para perokok terutama saat di Indonesia. Di sini, pria dan wanita banyak yang merokok menjadikanmu sebagai seorang perokok pasif. Padahal, menjadi seorang perokok pasif juga berbahaya untuk kulit dan kesehatanmu, lho!

Perlu kamu tahu bahwa menghirup asap rokok dapat mengurangi vitamin C dalam tubuh. Hal ini  yang menyebabkan kerusakan kolagen dan pembentukan kerutan. Merokok juga dapat menghilangkan kelembapan alami kulit dan menjadikannya terlihat kusam.
baca juga

Rawat Kulitmu Dengan Kolagen dan Vitamin

Rawat Kulitmu Dengan Kolagen dan Vitamin
source: https://nutritiouslife.com/wp-content/uploads/2016/09/Parchment-Baked-Salmon-1302x863.jpg

Dari sekarang, coba biasakan untuk membersihkan dan memilih eksfoliator yang cocok untuk kulitmu. Jangan lupa untuk senantiasa mengoleskan pelembap untuk kulitmu, karena kulit yang kering pertanda akan cepat menua. 

Selain itu, tingkatkan konsumsi makanan tinggi antioksidan, vitamin A, C & E, dan asam hialuronat. Semua nutrisi tersebut dapat melindungi kulitmu dari radikal bebas, meningkatkan kolagen, dan mempertahankan kelembaban.

Nah, simple banget kan, Ladies, cara-cara untuk tetap tampil awet muda! Yuk, lakukan semua langkah di atas dari sekarang!