Anti Iritasi, Ini Tips Menggunakan Softlens yang Benar!

Untuk kamu yang bermata minus dan memang memiliki ketergantungan terhadap kacamata, adakalanya kamu akan merasa jenuh saat harus menggunakan kaca mata. Belum lagi kalau kamu harus melakukan kegiatan seperti olahraga yang membutuhkan banyak gerak, sehingga kacamata akan terasa ribet untuk kamu pakai. Begitu juga saat harus menghadiri acara formal dengan outfit resmi nan fancy dan make up bold yang membuat kamu merasa nggak cocok saat harus menggunakan kacamata. Sekarang kamu nggak perlu khawatir, karena sekarang kamu bisa mulai menggunakan softlens. Bagi kamu yang masih maju-mundur karena takut menggunakan softlens, cukup ikutin tips sederhana ini maka kamu akan aman dan nyaman saat harus memakai softlens.

Cuci Tangan Sebelum Memakai Softlens

Cuci Tangan Sebelum Memakai Softlens

Saat kamu akan memakai softlens, kamu harus memastikan bahwa kamu sudah mencuci tanganmu dengan bersih, bahkan bilaperlu menggunakan sabun antiseptik sehingga semua kuman ditanganmu hilang. Hal ini penting karena akan memastikan softlens yang menempel di matamu terjamin juga kebersihannya dari kuman dan kotoran dari tanganmu.

baca juga

Pastikan Kondisi Softlensmu Baik

Pastikan Kondisi Softlensmu Baik

Sebelum kamu memakai softlens di matamu, pastikan softlensmu sedang dalam keadaan baik. Cek apakah softlensmu kotor atau tidak, robek atau tidak, kadaluwarsa atau tidak dan kondisi berbahaya lainnya. Jangan sampai kamu menggunakan softlens yang sudah tidak layak pakai. Saat kamu menemukan kejanggalan dalam softlensmu, segera buang dan gunakan yang baru.

Gunakan Tetes Mata Khusus Softlens

Gunakan Tetes Mata Khusus Softlens

Saat menggunakan softlens, kamu harus selalu membawa tetes mata khusus softlens. Idealnya kamu cukup menggunakan tetes mata ini dalam 2-3 jam sekali. Hal ini berguna agar mata kamu terasa fresh dan tidak kering sehingga softlens nantinya akan susah untuk dilepas. Kalau dirasa tetes softlens kamu kebanyakan, kamu bisa pakai tempat softlens yang mini size itu lho. Yang penting jangan sampai ketinggalan dan lupa tetes ya.

baca juga

Pilih Softlens dengan Kriteria yang Cocok Untukmu

Pilih Softlens dengan Kriteria yang Cocok Untukmu

Saat kamu akan membeli softlens, pastikan softlens yang kamu beli cocok untukmu. Misalnya harus berwarna atau tidak, berdiameter sesuai ukuran bola mata, kadar air tinggi dan tentunya minusnya cukup. Minus yang ideal adalah kamu mengurangkan 0,25 dari minus yang biasa kamu gunakan di kacamatamu. Kamu juga harus memperhatikan tebal dan tipis softlens yang akan kamu gunakan. Pilih masa berlaku softlens yang akan kamu beli sesuai kebutuhanmu dan keinginanmu. Yang terpenting, jangan tergiur dengan harga yang murah saja. Pakailah softlens yang memang aman dan sudah terjamin kualitasnya.

Jangan Gunakan Softlens Melebihi Batas Wajar

Jangan Gunakan Softlens Melebihi Batas Wajar

Usahakan untuk gunakan softlens dibawah 8 jam dalam sehari. Dan untuk jangka waktu penggunaan softlens yang kamu punya, jangan pernah gunakan melebihi batas kadaluwarsa yang tertera pada kotak softlensmu. Bahkan kalau bisa cukup gunakan sebelum masa kadaluwarsa tersebut berakhir. Misalnya untuk masa pemakaian 6 bulan, kamu cukup pakai dalam 5 bulan lalu buang. Penggunaan di luar batas wajar seperti melebihi 8 jam sehari dan melebihi masa kadaluwarsa menjadi pemicu iritasi matamu. Kamu nggak mau kan matamu menjadi iritasi karena softlens? Makanya cukup pakai dalam batas wajar.

Jangan Tidur Menggunakan Softlens

Jangan Tidur Menggunakan Softlens

Tidur saat masih memakai softlens menjadi pemicu terbanyak yang membuat matamu menjadi iritasi. Usahakanlah saat kamu ngantuk sekalipun, untuk segera melepaskan softlens yang kamu pakai. Jangan malas melepaskan softlens saat kamu merasa memang sudah tidak perlu menggunakan softlens.