Ada beberapa penyebab ketiak menjadi gelap, antara lain karena tidak cocok dengan deodoran yang dipakai, teknik yang salah saat mencukur rambut ketiak, atau karena hal lainnya. Cara yang paling aman untuk mengatasi permasalahan ini dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah kalian temui di sekitar kalian. Bahannya apa aja sih? Dan bagaimana caranya? Check it out!

1. Menggunakan Lemon

Buah yang satu ini memang memiliki 1001 manfaat ya, mulai dari wajah sampai ketiak. Lemon merupakan pemutih alami yang dapat mencerahkan semua bagian kulit termasuk ketiak. Tidak hanya itu, lemon juga berfungsi sebagai bahan antiseptik, yang dapat menghilangkan bau pada ketiak lho, dear. Caranya gampang, kamu dapat menggosokkan lemon (yang sudah di bagi dua bagian) secara langsung ke ketiak, di anjurkan untuk menggunakan pelelmbab agar kulit ketiak tak kering karena tingginya kandungan asam sitrat pada lemon. Lakukan 3 kali seminggu ya, dear.
1. Menggunakan Lemon
baca juga

2. Menggunakan Pasta Gigi

Pernah denger treatment mencerahkan ketiak dengan pasta gigi belum? Nah kamu bisa coba nih saat kamu mandi. Caranya gampang, kamu ambil pasta gigi secukupnya, lalu oleskan pada kulit ketiak yang gelap. Lalu gosok maksimal 15 menit. Lakukan secara rutin 3 kali seminggu ya, agar hasil maksimal.

youtube:9kxo8FF_alo
source: https://www.youtube.com/watch?v=9kxo8FF_alo
#Tips memutihkan ketiak alami | whiten armpits with toothpaste | ketiak

3. Menggunakan Kunyit

Bumbu dapur yang satu ini memang di kenal dapat memutihkan kulit, tak terkecuali untuk ketiak. Kunyit juga sangat ampuh untuk memulihkan kulit yang iritasi, menyamarkan noda, serta pegmentasi. Caranya gampang, kamu bisa ambil kunyit bubuk atau kunyit yang kamu serut sendiri lalu oleskan ke ketiak secara merata. Selain itu, hal yang dapat dilakukan dengan mencampurkan kunyit bubuk dan susu, dear. Enggak hanya dapat memutihkan kulit, kunyit bisa juga untuk menghilangkan bau pada ketiak. Wah patut di coba, nih!
3. Menggunakan Kunyit
baca juga

4. Kamu Bisa Manfaatkan Kulit Jeruk!

Kok bisa kulit jeruk mencerahkan ketiak? Yap, itu kerena kulit jeruk mengandung asam sitrat yang bisa membantu kamu untuk mencerahkan atau memutihkan kulit ketiak. Caranya praktis, kamu keringkan kulit jeruk dengan cara menjemur kuli jeruk di bawah sinar matahari sampai kulit jeruk mengering, lalu giling hingga menjadi serbuk, dan ambil dua sendok teh serbuk kulit jeruk tersebut dan kamu bisa campur dengan air mawar. Oleskan pada ketiak dan biarkan selama 10 menit sebelum di bilas. Tertarik mencoba?

4. Kamu Bisa Manfaatkan Kulit Jeruk!

5. Menggunakan Tomat, Bisa Kurangi Keringat di Ketiak Juga!

Fyi, keringat dapat menyebabkan area kulit ketiak menghitam lho. Namun kamu tidak perlu khawatir, buah yang sering kita temui di rumah ini mampu memberi solusi. Tomat pun punya kandungan pencerah dan bisa kamu manfaatkan untuk mencerahkan ketiak. Caranya adalah setiap hari, kamu gosokkan setengah potong tomat atau oleskan jus tomat semalaman dan bersihkan keesokan harinya. Jadi masker tomat untuk ketiak ini kamu gunakan saat akan tidur ya, dear!

5. Menggunakan Tomat, Bisa Kurangi Keringat di Ketiak Juga!

Nah, demikian 5 tips mencerahkan kulit ketiak yang gelap. Mudah dan praktis banget kan, dear? Selamat mencoba di rumah!