1. Rinaldy Yunardi, Desainer Indonesia Dibalik Aksesori Cantik Para Pesohor Dunia


source: kompas.com
source: Instagram/rinaldyyunardi

Karya-karya desainer Rinaldy Yunardi sudah jadi langganan banyak selebriti Hollywood. Sebutlah nama-nama besar seperti Beyonce, Katy Perry, Taylor Swift, Nicki Minaj, Ariana Grande, Gal Gadot, Kylie Jenner, Lady Gaga, dan masih banyak lagi.

Karyanya sendiri fokus pada aksesori, mulai dari headpiece sampai earpiece. Aksesorinya yang elegan juga kerap diburu para calon pengantin. Sementara di kalangan artis tanah air, desainer yang satu ini juga dekat sekali dengan keseharian mereka. Aksesorinya bikin aksi para selebriti, terutama para penyanyi, makin memukau di atas panggung.
 

2. Peggy Hartanto


source: asiadreams.com
source: Instagram/peggyhartanto

Tahun 2016, Peggy Hartanto masuk dalam daftar Forbes ‘30 under 30 Asia: The Arts’, yakni sebuah daftar orang-orang berusia di bawah 30 yang memiliki pengaruh di bidang seni dari seluruh dunia. Peggy mengaku suka fashion sejak SMA, sehingga membawanya terbang ke sekolah mode di Sidney untuk memperdalam keahlian di bidang tersebut.

Dilandasi kecintaannya pada sains, gaun-gaun rancangannya tampak memukau dengan model arsitektural yang merepresentasikan keindahan bunga, tanaman, maupun binatang. Selain disukai artis tanah air, koleksinya juga menarik perhatian artis Hollywood seperti Gigi Hadid, Demi Lovato, Sara Bareilles, dan masih banyak lagi.
 

baca juga

3. Tex Saverio


source: kinibisa.com
source: dewimagazine.com

Pada sebuah wawancara dengan Bintang, Tex Saverio mengaku suka fashion sejak SD. Bermula dari keasyikannya membaca komik. Alih-alih memperhatikan alur cerita, ia justru terpukau dengan detail baju tokoh-tokohnya. Merasa yakin dengan passion-nya, Tex Saverio kemudian mengambil sekolah mode di Bunka Fashion School Jakarta.

Karir internasional Tex Saverio mulai bersinar di panggung Paris Fashion Week tahun 2013. Ia menjadi desainer Indonesia pertama yang tampil di pameran busana tingkat dunia kala itu. Rancangannya sendiri dikenal dengan model yang dramatis. Selebriti dunia yang pernah memakai gaun megah rancangannya yaitu Lady Gaga, Kim Kardashian, Jennifer Lawrence, dan Ayumi Hamasaki. 
 

4. Dian Pelangi


source: Instagram/dianpelangi
source: Instagram/dianpelangi

Mengusung busana modest wear, Dian Pelangi berhasil menancapkan pengaruhnya di tingkat internasional. Desainer yang satu ini berhasil menepis anggapan lama tentang hijab itu tidak stylish. Dengan menggunakan warna-warna cerah khas pelangi, busana rancangannya membuat hijaber tampak lebih ceria. Selain itu, rancangannya juga khas dengan kain-kain tradisional seperti ikat, songket, batik, dan lainnya.

Dian sudah sejak lama malang-melintang di berbagai ajang festival fashion dunia, mulai dari Australia, London, Dubai, sampai New York. Ia pun mendapat kehormatan menjadi salah satu dari daftar Forbes ‘30 under 30’ Asia tahun 2018. Pada kesempatan eksebisi busana muslim di San Francisco 2018, ia pun sempat mendandani Halima Aden yang turut mengenakan gaun rancangannya sebagai model peraga.
 

baca juga

5. Biyan Wanaatmadja


source: housingestate.id
source: Instagram/biyanofficial

Sebelum memutuskan untuk menjadi perancang busana, Biyan lebih dulu menggeluti bidang desain interior. Seiring berjalannya waktu, barulah ia mendalami mode dengan studi di luar negeri. Biyan sendiri jadi idola di kalangan para model tanah air, termasuk Paula Verhoeven yang kemudian memesan khusus gaun pengantin kepadanya. Ciri khas dari rancangan Biyan yaitu kentalnya unsur dekoratif, bisa dilihat dari detail gaun yang berupa embroidery atau embellishment.

Koleksi busana Biyan kini sudah menembus pasar internasional dengan masuk ke butik The Link, Singapura. Ia juga dihubungi langsung oleh Joyce Ma, pemilik department store ternama, Joyce di Hongkong, untuk menjual koleksinya secara eksklusif di sana. Koleksinya juga ada di butik online Net-O-Porter, situs e-commerce internasional khusus label high end. Gaun indah rancangannya juga pernah dipakai Ivanka Trump pada sebuah kunjungan kenegaraan. 

Wah, karya-karya desainer ini memang kece abis. Semoga sukses terus dan bawa nama Indonesia makin berkibar di kancah internasional!