Mengurangi Penggunaan Tisu

Mengurangi penggunaan tisu sangat penting banget beauties untuk membantu menghemat produk dari kertas. Seperti yang kita tahu, kertas berasal dari puluhan ribu pohon yang diolah untuk menjadi produk yang satu ini. Walau banyak tisu menjual produknya dengan berbagai label 'eco friendly', nggak ada salahnya mulai menghemat penggunaannya. Caranya adalah mengganti tisu dengan sapu tangan untuk kegiatan keseharianmu, beauties. Simple dan mudah banget dilakukan kan demi menjaga keselamatan bumi ini.

Mengurangi Penggunaan Tisu
source: https://www.liliecocloth.com/blog/trying-to-use-less-kleenex

Maksimalkan Penggunaan Kertas

Salah satu ini menjadi cara yang paling baik untuk menghemat kertas lho beauties. Banyak cara yang dapat kamu lakukan seperti mengoptimalkan penggunaan kertas dengan cara menggunakan kedua sisi kertas saat menulis, atau menggunakan media digital sebagai pengganti kertas. Memakai kertas daur ulang untuk keperluan tugasmu juga bisa jadi salah satu cara yang bisa diandalkan nih. Selain itu, kamu bisa mencoba menggunakan e-mail atau sosial media untuk berkomunikasi dan tinggalkan cara tradisional seperti mengirim surat. Beberapa cara ini pastinya berhasil membuatmu menghemat penggunaan kertas lebih efektif, beauties!

Maksimalkan Penggunaan Kertas
source: https://id.pinterest.com/pin/499688521152544561/
baca juga

Gunakan Eco Bag sebagai Pengganti Kantung Plastik

Saat melakukan belanja bulanan pasti ada aja deh yang tersisa walau bahan pangan yang dibeli sudah habis. Apa lagi kalau bukan kantung plastik bekas pembungkus belanjaan. Penggunaan plastik ini sudah sangat mengkhawatirkan banget ya beauties. Banyaknya sampah pada lingkungan kita sebagian besar didominasi oleh sampah plastik. Ada nih cara jitu untuk menghemat sampah kantung plastik, yaitu dengan cara menggunakan eco bag sebagai pengganti kantung belanjaan. Eco bag yang dapat dipakai berkali-kali pastinya membuat kamu lebih menghemat sampah plastik yang biasanya kamu gunakan. Tips sederhana ini bisa membuatmu berkontribusi besar lho beauties untuk menjaga bumi kita dari sampah plastik. Say no to plastic bag!

Gunakan Eco Bag sebagai Pengganti Kantung Plastik
source: https://id.pinterest.com/pin/108860515966463053/

Pilih Peralatan Makan Berbahan Stainless

Ada lagi cara ampuh yang dapat kamu lakukan untuk menghemat penggunaan plastik, beauties. Mengganti peralatan makan plastik menggunnakan peralatan stainless bisa jadi salah satu cara. Seperti contohnya, kalau kamu biasa menggunakan sedotan plastik sekali pakai, sekarang kamu bisa menggantinya dnegan sedotan stainless yang bisa digunakan berulang-ulang. Atau sendok dan garpu plastik sekali pakai juga dapat kamu ganti dengan yang berbahan stainless, beauties. Jangan khawatir akan repot ya, karena kamu bisa menjadi salah satu orang yang berperan penting dalam menjaga keselamatan bumi kita!

Pilih Peralatan Makan Berbahan Stainless
source: https://id.pinterest.com/pin/551479916867080844/
baca juga

Memulai Daur Ulang!

Tips terakhir yang selalu bisa diandalkan dalam menghemat penggunaan kertas dan plastik adalah dengan melakukan kegiatan daur ulang. Limbah plastik yang terbuang percuma dapat kamu ubah menjadi berbagai jenis perhiasan rumah atau barang-barang yang ternyata sangat berfungsi, beauties. Seperti botol bekas, kamu bisa menjadikannya pot untuk tanaman. Beda lagi dengan limbah kertas, kamu dapat mendaur ulangnya menjadi kertas tulis yang baru atau mengubahnya menjadi hiasan rumah dengan ide kreatifmu! 

Memulai Daur Ulang!
source: https://id.pinterest.com/pin/352125264585236968/

Sudah tahu kan bagaimana cara untuk menghemat pemakaian kertas dan plastik, beauties? Yuk sama-sama merubah dan menghemat pemakaiannya pelan-pelan demi kesehatan bumi yang kita cintai ini!