Salah satu yang khas dari make up pengantin adat Jawa adalah adanya pola berwarna hitam pekat yang menghias dahi sang pengantin wanita. Atau disebut juga paes. Bukan hanya sekedar hiasan, paes sendiri memiliki makna filosofi yang sangat dalam. Makna paes pada make up pengantin adat Jawa,

1. Penunggul atau Gajahan : Penunggul atau gajahan adalah lekukan berbentuk setengah bulatan ujung telur bebek yang berada tepat di tengah-tengah, memiliki makna bahwa wanita akan ditinggikan derajat serta dihormati.

2. Pengapit : Pengapit adalah lekukan di samping kiri dan kanan penunggul. Pengapit memiliki harapan bahwa jalan yang akan ditempuh selalu lurus serta tak ada halangan yang berarti di sepanjang pernikahan.

3. Penitis : Penitis adalah lekukan yang berada di sebelah kanan dan kiri pengapit. Penitis memiliki makna bahwa segala sesuatu yang direncanakan harus ada tujuan serta tepat sasaran. Seperti halnya dalam membuat anggaran belanja rumah tangga.

4. Godheg : Godheg atau lekukan yang memperindah cambang. Memiliki makna pasangan suami istri selalu intropeksi diri serta tidak gegabah dalam melakukan sesuatu.

5. Cithak  : Atau hiasan berbentuk belah ketupat yang dipasang di tengah-tengah dahi. Maknanya, sebagai penutup agar terhindar dari perbuatan buruk yang dilakukan oleh orang lain.

1. Make Up Pengantin Jawa dengan Paes

Inspirasi Make Up Pengantin Adat Jawa untuk Hijabers, Tetap Bisa Pakai Paes!
source: https://www.instagram.com/errikaayu_makeup
Meski kamu memakai hijab, kamu tetap bisa kok Ladies buat tampil dalam busana adat di hari bahagiamu, seperti make up pengantin Jawa ini. Paes yang menjadi hiasan wajib karena memiliki makna yang begitu besar tetap bisa kamu tampilkan. Caranya, gunakanlah manset untuk menutup bagian tubuh yang biasanya tertutup hijab. Serta tutup rambut dengan hijab yang dibuat menyerupai sanggul.

2. Make Up Pengantin Natural dengan Paes

2. Make Up Pengantin Natural dengan Paes
source: https://Instagram.com/ayurizky.makeup
Cara menyiasatinya sama kok. Gunakan manset untuk menutup bagian tubuhmu yang biasanya tertutup oleh hijab. Kali ini adalah referensi make up pengantin natural. Fyi, pengantin hanya menggunakan sanggul imitasi ya.
baca juga

3. Make Up Pengantin Muslim dengan Sentuhan Gaya Modern

3. Make Up Pengantin Muslim dengan Sentuhan Gaya Modern
source: https://www.instagram.com/alinebloomsalon
Dengan riasan make up pengantin muslim namun dengan penutup rambut yang senada dengan warna kulit.

4. Gunakan Brokat Satu Warna dengan Kebaya

4. Gunakan Brokat Satu Warna dengan Kebaya
source: https://www.instagram.com/poetrafoto
Alternatif lain, gunakan manset dengan aksen brokat yang sama dengan kebaya yang kamu gunakan.
baca juga

5. Paduan Adat dengan Sentuhan Modern

5. Paduan Adat dengan Sentuhan Modern
source: https://www.instagram.com/khadijahazzahra_makeup

Make up pengantin Barbie yang sedang tren. Terlihat dari penggunaan lensa kontak dan riasan bulu mata yang Barbie banget. Gimana Ladies, siap tampil dengan make up pengantin muslim tanpa harus menghilangkan paes kan?