1. Jerawat Hormonal Saat Menstruasi

1. Jerawat Hormonal Saat Menstruasi
source: https://www.pixabay.com

Ternyata orang-orang yang sudah tidak remaja lagi bukan tidak mungkin lho mengalami jerawat atau breakout di wajahnya. Pada saat remaja, hormon di tubuh meningkat, kadar ini bisa berubah di sepanjang siklus menstruasi setiap bulannya. Oleh sebab itu, jerawat dewasa lebih sering terjadi pada wanita dianding pria. Meski nggak menutup kemungkinan bagi pria dewasa untuk mengalami jerawat.

Hal ini enggak lain dipicu oleh perubahan hormon di tubuh wanita setiap bulannya. Pada wanita biasanya jerawat karena hormon memuncak tepat sebelum atau di awal menstruasi dengan kemungkinan yang sulit untuk diobati.

Jika produk yang mengandung bahan-bahan seperti asam salisilat dan benzoil peroksida sudah nggak mempan, bird control, obat anti androgen, spironolactone bisa saja diresepkan dokter kulitmu.

2. Diet

2. Diet
source: https://www.pixabay.com

Tingkat stres dan pola hidup juga berperan menyebabkan jerawat di wajahmu lho, Ladies! Pada beberapa orang, makanan dengan kadar GI (glikemik indeks) tinggi menjadi penyebabnya. Selain itu, produk olahan susu pun dicurigai turut andil. Ada penelitian yang menyebutkan lemak pada susu-lah yang menyebabkan jerawat tapi ada juga penelitian lain yang menyatakan, jerawat pada sebagian orang disebabkan oleh gula yang terkandung di dalam susu.

Memang butuh penelitian lebih lanjut. Namun jika kamu mencurigai makanan tersebut sebagai trigger food jerawat yang tumbuh di wajahmu, bisa lho kamu mulai untuk mengatur pola makanmu dengan mengurangi makanan tersebut, memperbanyak asupan sayur dan buah, protein tanpa lemak, ganti dengan lemak sehat. Fokus aja sama makanan dengan kadar GI rendah serta produk bebas susu untuk memastikan ada enggak sih pengaruhnya. 

baca juga

3. Produk Skincare

3. Produk Skincare
source: https://www.pixabay.com

Cek yuk produk skincare yang kamu pakai. Jika menggunakan produk komedogenik dan muncul breakout pada wajahmu, berarti kamu harus beralih pada produk perawatan wajah lain. Produk komedogenik terkenal memiliki formula yang menyumbat pori dan ini berpotensi menyebabkan jerawat. Kulit dewasa memproduksi lebih sedikit minyak dibanding kulit pada remaja, oleh karena itu ganti dengan produk yang memiliki formula lebih lembut ya. Penting banget ya perawatan wajah wanita ini, Ladies.

4. Tempat Tinggal

4. Tempat Tinggal
source: https://www.pixabay.com
Kualitas udara tempat tinggal yang buruk bisa menjadi salah satu faktor penyebab jerawat pada kulit dewasa. Polusi kendaraan, asap pabrik, bahan kimia dapat menyumbat pori yang bisa menyebabkan jerawat. Kalau kamu tinggal di kota yang penuh polusi dan berfikir mungkin saja jerawat yang tumbuh di wajahmu disebabkan olehnya, jangan lupa bersihkan wajah dengan produk berformula lembut sebanyak 2x sehari.


Produk dengan kandungan centella asiatica bisa menjadi pilihanmu. Ekstrak tumbuhan ini memiliki tingkat efektifitas yang tinggi bagi kulit sensitif. Nggak usah terlalu memusingkan penyebab jerawat pada wajahmu, mencoba pengobatan topikal yang dijual bebas di pasaran nggak ada salahnya kok. Produk dengan kandungan asam salisilat, benzoil peroksida, adapalene (retinol) adalah beberapa formula yang efektif untuk perawatan wajah berjerawat. Tapi hati-hati yaa karena produk ini berpotensi menimbulkan iritasi. Pakai pelembab sesuai kebutuhan dan kurangi penggunaannya jika terjadi iritasi pada kulit. Enggak usah segan bikin janji dengan dokter kulit Ladies, kalau jerawatmu belum terhempas juga.

Gimana Ladies, adakah salah satu faktor di atas yang mungkin menjadi penyebab jerawat pada wajahmu?