Melakukan perawatan untuk wajah tentunya menjadi hal yang harus dilakukan oleh setiap wanita. Selain untuk menjaga kecantikan wajah, juga untuk menjaga kesehatan kulit. Salah satu yang tak boleh dilewatkan dalam perawatan wajah adalah pembersih wajah, kamu bisa membeli produk pembersih wajah sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Namun, tahukah kamu ternyata kamu bisa lho membuat pembersih wajah alami sendiri dirumah. Yuk coba.
 

Madu dan Lemon

Tidak dapat dipungkiri jika madu dan lemon merupakan kombinasi yang sempurna untuk merawat kebersihan wajah. Selain itu, madu dan lemon juga mampu mengontrol kulit berminyak. Jika kamu termasuk dalam kategori kulit berminyak, maka tak ada salahnya jika menggunakan madu dan lemon sebagai pembersih wajah. Caranya cukup gampang, kamu hanya perlu mencampur madu dan lemon kemudian aduk hingga merata. Setelah itu gunakan kapas dan oleskan pada wajah. Tunggu sampai kering, kemudian bilas dengan air dingin. Campuran madu dan lemon ini  sangat baik untuk menjaga kelembaban kulit lho.
 

Madu dan Lemon
baca juga

Minyak Zaitun

Untuk kamu yang memiliki jenis kulit kering, minyak zaitun merupakan pilihan yang pas untuk jenis kulitmu. Selain itu, minyak zaitun juga kaya akan nutrisi yang baik untuk kulit. Membersihkan wajah dengan minyak zaitun sangatlah mudah, kamu hanya perlu menuangkan sedikit minyak zaitun pada telapak tangan kemudian usapkan pada wajah secara merata dan pijat dengan lembut.
 

Minyak Zaitun

Tomat

Selain baik untuk  tubuh, tomat juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan kulit wajah. Tomat mampu membantu mengatur kadar minyak yang tidak merata pada wajah, dan juga baik untuk tipe kulit wajah kering. Sehingga tomat cocok untuk jenis kulit kombinasi berminyak dan kering. Membuat pembersih wajah dari tomat sangatlah mudah, haluskan tomat dengan rata, kemudian ambil dua sendok tomat yang telah dihaluskan tersebut, campurkan sedikit dengan air lemon, oleskan pada wajah, kemudian diamkan selama 10 menit. Setelah itu kamu bisa mencuci wajah dengan air dingin. Sangat mudah bukan?
 

Tomat
baca juga

Yogurt dan Pisang

Selain memiliki rasa yang enak, yogurt dan pisang ternyata memiliki manfaat lain lho untuk wajah. Kamu bisa menggunakan yogurt dan pisang untuk membersihkan wajah. Berani coba? Yogur dan kulit pisang baik untuk mengatasi kulit normal. Meskipun memiliki kulit normal tanpa masalah, bukan berarti kamu bisa tenang tanpa membersihkan wajah lho. Membersihkan wajah dengan yogurt dan pisang bisa kamu lakukan dirumah. Siapkan pisang dan yogurt, kemudian potong sebagian pisang dan campur dengan dua sendok teh yogurt, kemudian oleskan pada wajah hingga merata. Setelah kering, bilaslah dengan air hangat dan berikan pelembab lain untuk tetap menjaga asupan nutrisi pada kulit.
 

Yogurt dan Pisang

Minyak Kelapa

Kandungan anti bakteri dan jamur alami yang terdapat pada minyak kelapa mampu menyingkirkan minyak berlebih lho. Tentunya hal ini baik untuk jenis kulit berminyak, caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu meneteskan minyak kelapa pada telapak tangan, kemudian usapkan pada area wajah dan lakukan pijatan halus selama beberapa menit. Jika dirasa sudah cukup, kamu bisa membersihkan minyak tersebut dengan menggunakan handuk hangat.
 

Minyak Kelapa