Puding Regal


Ladies, makanan penutup satu ini tampaknya sudah enggak asing lagi, ya! Perpaduan manis antara puding dan roti regal yang melegenda mampu membawa kita ke nostalgia masa kecil di mana regal jadi kudapan lezat. Nah, kalau lagi kangen dibuatkan puding regal sama mama, jangan sedih! Coba deh bikin puding regal ala kamu sendiri untuk menghilangkan rasa rindu masa kecilmu.

Wah, Aneka Resep Puding Simpel Ini "Yummy" Banget, Ladies! Kamu Wajib Coba di Rumah!

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus agar-agar plain
  • 3 sdm gula pasir
  • 750 ml air putih
  • 1 bungkus Marie regal

Cara membuat:

  1. Susun biskuit regal mengelilingi dasar loyang, enggak sebungkus habis yah. Disesuaikan aja, kita pakai loyangnya puding diameter 24cm.
  2. Terpisah, pada panci masukkan agar-agar dan gula, masukkan air dan aduk hingga mendidih.
  3. Diamkan hingga uap panas hilang, ketika mulai mengental dan tidak panas lagi (hangat) siram perlahan ke atas biskuit regal, sisihkan.
  4. Sembari menunggu lapisan puding ini mengeras, kita masak lapisan kuning/butter.

Bahan lapisan kuning:

  • 1 bungkus agar-agar plain
  • 1 sachet SKM atau 3 sdm kental manis
  • 3 kuning telur
  • 100 gr butter
  • Setetes vanilla extract
  • 750 ml air putih

Cara membuat:

  1. Pada panci tuang agar-agar dan air putih, masak hingga mendidih.
  2. Terpisah, pada wadah masukkan butter, kuning telur, kental manis dan vanilla extract, aduk hingga merata dan tercampur menggunakan garpu/whisk.
  3. Setelah merata, masukkan ke dalam panci yg berisi agar-agar kemudian aduk hingga mendidih kembali.
  4. Tunggu hingga uap panas hilang, siram ke atas lapisan pertama. Sisihkan.

Bahan lapisan coklat

  • 1 bungkus agar-agar plain
  • 3 sdm cocoa powder
  • 3 sdm gula pasir
  • 750 ml air putih

Cara membuat:

  1. Masukkan dalam panci semua bahan, masak hingga mendidih, kemudian tunggu hingga uap panas hilang dan tuang perlahan ke atas lapisan kuning.
  2. Dinginkan dalam kulkas, jika kurang manis bisa tambah gula atau nikmati bersama vla.


Puding Buah Kiwi


Ladies, siapa sangka sih kalau buah hijau yang memiliki rasa asam ini ternyata bisa lho kamu jadikan bahan untuk membuat puding. Buah kiwi akan menghasilkan puding dengan citar asa yang segar, lembut dan nikmat. Kalau kamu lagi pengen makanan penutup yang super segar, yuk, langsung aja cobain resep di bawah ini!

Wah, Aneka Resep Puding Simpel Ini "Yummy" Banget, Ladies! Kamu Wajib Coba di Rumah!

Lapisan Putih:

  • 1 bungkus agar agar bubuk warna putih
  • 450 ml susu cair
  • 125 gram gula pasir
  • 1/2 sdt bubuk vanili
  • 1/4 sdt garam
  • 2 tetes pewarna kuning muda
  • 2 kuning telur, kocok sampai kental

* Lapisan Hijau:

  • 1 bungkus agar agar bubuk
  • 6 buah kiwi , pilih yang matang, kupas
  • 500 ml air
  • 175 gram gula pasir
  • 1/4 sdt garam
Cara Membuat Puding Kiwi:
  1. Masak agar agar, susu, gula pasir, vanili dan garam sambil diaduk sampai mendidih. Angkat.
  2. Ambil sebagian adonan agar agar, masukkan ke dalam kuning telur. Aduk rata.
  3. Tuang kembali adonan kuning telur ke dalam adonan agar-agar.
  4. Panaskan kembali dengan api kecil sambil diaduk sampai mendidih lalu angkat.
  5. Lapisi bagian bawah mika dengan alumuniom foil. Tuang adonan agar ke dalamnya sampai setinggi 1 cm.
  6. Diamkan sampai agak dingin. Kemudian, sisihkan sisa adonan agar-agar.
  7. Potong-potong dua buah kiwi. Atur dan rekatkan irisan kiwi di atas agar-agar mengelilingi mika.
  8. Blender 4 buah kiwi dengan 250 ml air, kemudian campur dengan sisa air, agar agar, gula dan garam. Aduk dan masak sambil diaduk sampai mendidih. Angkat.
  9. Tuang ke dalam mika sampai + 1 cm dari bagian atas mika.
  10. Diamkan sampai mulai mengeras.
  11. Panaskan sisa lapisan agar-agar putih sampai meleleh. Tuang ke atas adonan kiwi sampai memenuhi batas mika. Bekukan. Sajikan bersama saus vanili.

Puding buah kiwi ini akan lebih nikmat jika disajikan saat dingin. Tambahkan  susu kental manis sebagai saus di atasnya untuk menambah rasa manis puding ini. 

baca juga


Puding Roti Cokelat


Mumpung Hari Valentine sudah dekat, enggak ada salahnya loh memberikan kejutan pada pasanganmu dengan membuatkannya puding roti tawar cokelat. Selain enak disantap, puding ini juga enggak memakan waktu lama dan mudah dibuat. Penasaran?

Wah, Aneka Resep Puding Simpel Ini "Yummy" Banget, Ladies! Kamu Wajib Coba di Rumah!
source: http://resephariini.com/wp-content/uploads/2016/02/resep-puding-coklat-roti-tawar.jpg

Bahan-bahan:

  • 7 lembar roti tawar,buang pinggiran roti
  • 1 bungkus Nutrijel coklat
  • 2 kotak susu UHT full cream
  • 4 sdm gula pasir
  • 1 sdm coklat bubuk
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1 butir telur ayam
  • 1 sachet krimer kental manis full cream merk apa saja
Cara Membuat 
  1. Potong kecil-kecil roti tawar, masukkan ke dalam blender, tambahkan Nutrijel coklat, susu UHT cair, gula pasir dan coklat bubuk blender hingga halus
  2. Setelah halus, masak adonan yang telah diblender ke dalam panci masak api kecil, masukkan telur dan larutan tepung maizena (2 sdm maizena dalam 4 sdm air matang) aduk hingga meletup-letup atau mendidih  
  3. Setelah mendidih tuang adonan puding ke dalam cetakan, tungga hingga dingin, sajikan
  4. Puding lebih mantap jika disimpan dalam kulkas dan dinikmati dalam keadaan dingin. Setelahnya, taburi krimer kental manis diatas puding coklat sesuai selera.


Puding Lumut Gula Merah


Pernah mendengar makanan penutup bernama puding lumut gula merah? Walaupun terdengar asing, hidangan ini sebenarnya sangat mudah dan cukup sederhana. Pada dasarnya kamu hanya cukup memadukan selai sarikaya, gula merah dan santan encer. Kalau kamu sedang mencari-cari resep pembuatannya, yuk pantengin caranya di bawah ini!

Wah, Aneka Resep Puding Simpel Ini "Yummy" Banget, Ladies! Kamu Wajib Coba di Rumah!
source: http://assets.digination.id/crop/0x0:0x0/x/photo/2018/11/26/2913353811.jpg
Bahan-bahan:
  • Agar-agar plain, 1 bungkus
  • Telur dikocok lepas, 2 butir
  • Gula merah, 180 gram
  • Santan kental, 200 ml
  • Air, 650 ml
  • Garam, secukupnya
  • Daun pandan disimpulkan, 2 lembar
Cara Membuat:
  1. Masak gula merah bersama dengan air serta daun pandan hingga mendidih. Tunggu sampai gula larut dan kemudian saring. Sisihkan terlebih dahulu.
  2. Menggunakan panci yang berbeda, campurkan bahan agar-agar, santan, garam, dan telur. Aduk merata semua bahan tersebut dan jangan sampai menggumpal.
  3. Selanjutnya, masukkan air rebusan gula merah tadi yang sebelumnya sudah disaring, sambil dimasak dan aduk-aduk merata hingga mendidih. Biarkan mendidih sebentar supaya lumutnya terbentuk. Jika permukaan sudah terlihat bening, segera matikan api.
  4. Tuangkan adonan tersebut ke dalam cetakan yang sebelumnya sudah dibasahi dengan air matang. Ini dilakukan agar puding dapat mudah dikeluarkan dari cetakan.
  5. Uap panas adonan puding biarkan hilang terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.
  6. Jika sudah tidak ada uap, silahkan masukkan lemari pendingin.
  7. Puding siap disantap dalam keadaan dingin.
baca juga

Puding Coklat Oreo
Siapa sih yang bisa menolak enaknya rasa oreo? Tak hanya krimnya, kedua kepingan hitam yang menutupi krim oreo jadi bagian favorit para kawula muda. Biar enggak bosan nih, kamu bisa loh kreasikan dua kepingan itu mnejadi puding cokelat oreo. Coba intip caranya di bawah ini!
Wah, Aneka Resep Puding Simpel Ini "Yummy" Banget, Ladies! Kamu Wajib Coba di Rumah!
source: http://cdn2.tstatic.net/style/foto/bank/images/puding-coklat-oreo-jeli_20170731_195427.jpg

Bahan-bahan:

  • 100 ml susu kental manis merk apa saja
  • 700 ml air
  • 1 bungkus agar agar warna putih
  • 4 sendok makan gula pasir
  • 1 butir telur ayam kampung  (ambil kuning telurnya saja)
  • Biskuit coklat oreo secukupnya (boleh rasa apa saja sesuai selera)
Bahan masing-masing lapisan:
  • 1 bungkus jelly powder (rasa sesuai selera)
  • 4 sendok makan gula pasir atau secukupnya
  • 700 ml air matang
 Cara membuat:
  1. Siapkan panci kemudian masukkan semua bahan puding biskuit coklat oreo kecuali kuning telur dan oreo dan aduk rata
  2. Kocok kuning telur dan masukkan ke dalam adonan agar-agar tadi dan aduk lagi sampai rata
  3. Didihkan sambil diaduk beberapa saat dan matikan api
  4. Remukan biskuit coklat oreo dan masukkan ke wadah cetakan sesuai selera
  5. Tuangkan adonan tadi ke dalam wadah cetakan yang telah diberi remukan biskuit oreo
  6. Untuk lapisan puding jelly campurkan semua bahan lapisan lalu masak sampai matang atau mendidih.
  7. Angkat dan tuang di atas lapisan sebelumnya tadi, ulangi cara kedua di atas lalu bisa kamu masukkan freezer agar dingin.
Wah, lezat sekali ya rangkaian aneka resep puding di atas, yuk cobain di rumah!