Jangan Sampai Keliru Dengan Perbedaan "Ms", "Mrs", "Mr", dan "Sir"

Jangan Sampai Keliru Dengan Perbedaan "Ms", "Mrs", "Mr", dan "Sir"
source: https://content.jobsdbcdn.com/en-hk/wp-content/uploads/sites/2/2018/08/asia_etiquette.jpg

Tips pertama yang harus kamu mengerti adalah perbedaan antara 'Ms', 'Mrs', 'Mr.', dan 'Sir'. Kebanyakan dari orang asing biasanya hanya ingin dipanggil nama mereka saja. Tapi ada juga beberapa yang biasa dipanggil panggilan sapaan seperti 'Ms' atau 'Sir'. 

Seperti di Indonesia, ada beberapa pewawancara yang biasanya dipanggil 'Pak' atau 'Ibu'. Nah, sebelum salah, kamu harus tahu nih bedanya.

Mrs adalah paggilan untuk seorang wanita yang sudah menikah. Sedangkan Ms adalah panggilan wanita untuk yang belum menikah. Sedangkan 'Mr' dan 'sir' digunakan untuk para lelaki. Sebenarnya, pengertian dari kata Sir itu sendiri sama dengan Mr. akan tetapi, biasanya sesorang menggunakan sapaan sir kepada  laki-laki dewasa yang tidak begitu dekat.

Sehingga, penggunaan sapaan Sir ini murni diaplikasikan sebagai panggilan tanpa nama. Penggunaan kata sapa “sir” juga biasanya digunakan dalam konteks percakapan formal untuk menyapa pelanggan dalam hal penyediaan jasa. Seorang pelayan terlatih yang tidak mengetahui nama pelanggan laki-laki biasanya menggunakan sapaan “sir” untuk menunjukkan rasa hormat.

Kalau sudah tahu bedanya, jangan sampai terbalik ya, Ladies. Untuk amannya, kamu panggil pewawancaramu dengan panggilan 'Ms' saja apabila kamu tahu bahwa ia belum menikah. Karena Ms dan Mrs adalah kata yang cukup sensitif.  Salah-salah interviewmu bisa berjalan dengan kurang baik.

Lakukan Role-Play Sebelum Interview

Lakukan Role-Play Sebelum Interview
source: https://cdn01.vulcanpost.com/wp-uploads/2016/12/Interview-Asian.jpg

Salah satu cara paling jitu untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris-mu adalah dengan berlatih dengan seorang teman yang memang jago berbahasa Inggris. Carilah teman yang lancar berbahasa Inggis, sehingga kamu bisa bermain role-play bersamanya.

Namun, jika kamu tidak bisa menemukan teman yang dapat mengajarimu, kamu bisa merekam dirimu sediri (di ponsel atau perangkat lainnya) dalam bahasa Inggris. Putar ulang rekaman tersebut kemudian carilah kekuranganmu saat berbicara dalam bahasa Inggris.

baca juga

Perhatikan Pronouncation

Perhatikan Pronouncation
source: https://image.freepik.com/free-photo/beautiful-young-asian-girl-and-businesswoman-meeting-interview-at-a-hr-office_7191-544.jpg

Sebelum hari wawancara, ada baiknya kamu memperhatikan kecepatan dan kejelasan saat kamu berbicara. Biasanya, ketika sedang nervous kamu akan cenderung berbicara lebih cepat dan tidak jelas. Jadi berlatihlah berbicara dengan jelas dan tidak begitu cepat.

Kunci dari sebuah interview adalah bicara yang jelas namun tegas. Jadi, kamu harus belajar mengucapkan beberapa kalimat dalam bahasa Inggris. Jika kamu bingung bagaimana caranya? Coba untuk menonton film berbahasa Inggris lalu gunakan subtitle bahasa Inggris pula.

Cari Tahu Aksen yang Akan Mewawancaraimu

Cari Tahu Aksen yang Akan Mewawancaraimu
source: https://content.linkedin.com/content/dam/business/talent-solutions/global/en_us/blog/2018/06/people_meeting_interviews.jpg

Ladies, walaupun sepele aksen adalah salah satu hal yang cukup crucial dalam sebuah wawancara. Setiap warga negara biasanya memiliki aksen masing-masing. Untuk itu, cobalah untuk mencari tahu aksen pewawancaramu sebelum datang ke wawancara tersebut.

Setelah kamu mengetahui asal atasan yang akan mewawancaraimu. Pelajari aksen orang tersebut dengan melihatnya di Youtube. Dengan melatih pendengaranmu dengan mendengarkan aksen orang tersebut, kamu akan lebih mudah mengerti pertanyaan yang akan dilontarkan oleh pewawancara.

baca juga

Dengarkan Pertanyaan Dengan Seksama

Dengarkan Pertanyaan Dengan Seksama
source: https://youthincmag.com/wp-content/uploads/2018/08/university-interview-questions.jpg

Ladies, tahukah kamu banyak kasus kegagalan dalam wawancara dalam Bahasa Inggris dikarenakan jawaban yang tak sama dengan hal yang ditanyakan. Untuk itu, saat diwawancarai cobalah untuk fokus dengan apa yang akan ditanyakan. Cerna baik-baik pertanyaan yang diberikan. Apabila menurutmu pertanyaan yang dilontarkan tidak begitu jelas, kamu bisa meminta tolong agar yang mewawancaraimu mengulang pertanyaannya dengan kalimat yang lebih simpel.

Wah, menarik dan mudah sekali ya tips interview bahasa Inggris di atas, Ladies? Setelah mengetahui tips tersebut, jangan ragu untuk berlatih, ya!